Menu

Disdukcapil Agam Ikuti Vcon dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri

  Dibaca : 966 kali
Disdukcapil Agam Ikuti Vcon dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri
VCon-- Kepala Dinas Dukcapil Agam Drs Misran MPd tengah melakukan video conference dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Pak Dewa Langkah Putus Mata Rantai Covid-19

AGAM, METRO–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam mengikuti rapat khusus dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof Dr Zudan Arif Fakrullah SH MH, Kamis (16/4). Bukan bertatap muka langsung, rapat diadakan melalui video conference (VCon).

Rapat khusus tersebut diselenggarakan untuk dua Provinsi yakni Sumatra Barat dan Jambi. Dalam rapat khusus dengan Kemendagri tersebut membahas masalah Pelayanan Dokumen kependudukan, sebagai rangkaian evaluasi pelayanan saat darurat covid-19.
Rapat khusus dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas dari beberapa daerah di Sumbar, termasuk Kepala Dinas Dukcapil Agam Drs Misran MPd yang ikut serta dalam evaluasi kegiatan pelayanan kepada masyarakat di tengah masa tanggap darurat bencana nasional covid-19.

Dari hasil rapat khusus terungkap, Kabupaten Agam patut diapresiasi karena sebelum masa covid 19 telah melakukan berbagai rangkaian kegiatan yang memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan.
“Di samping itu Kabupaten Agam cukup berbangga karena tidak termasuk Kabupaten/Kota yang masih mempunyai persoalan pelayanan secara Online sebagaimana yang disebutkan pak Dirjen Dukcapil saat Vcon tersebut,” kata Misran.

Katanya, Agam tidak memberlakukan lagi yang namanya suket (surat keterangan), karena stok blanko e-KTP mencukupi. Demikian juga masalah layanan Adminduk sistem daring (dalam jaringan atau online). Baik yang menggunakan aplikasi online, melalui media sosial, baik whatshapp maupun SMS berbasis android, sebagai bagian strategi layanan dalam menyikapi kondisi pandemic covid19 saat ini.

”Alhamdulillah, semua yang dipaparkan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri, melalui video conference tersebut semuanya sudah kita melaksanakan dengan semaksimal mungkin,dimana beberapa langkah yang kita lakukan untuk memaksimalkan layanan dalam rangkaian percepatan penanganan covid19 di kabupaten Agam,” jelas Misran.

Misran menuturkan rapat khusus dengan Dirjen Dukcapil Kemendagri itu dijadwalkan akan berlangsung setiap pekan, dan Kamis,ini merupakan hari yang pertama digelar melalui video conference.

Noveri Edios – Anggota DPRD Agam

Anggota DPRD Kabupaten Agam Noveri Edios mengapresiasi gebrakan yang di lakukan oleh Disduk Capil Agam. Di tengah maraknya penyebaran virus covid 19 ini, Disdukcapil mampu memberikan layanan kemudahan bagi masyarakat dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan dengan WA atau Whattaps (Pak Dewa).

“Pak Dewa ini salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini di Kabupaten Agam. Jadi bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen administrasi cukup melalui chating di WA saja,” katanya.

Kalau dilihat dari, protapnya, lanjut Noveri Edios masyarakat cukup mengirimkan berkas yang sudah di scan dalam bentuk dokumen atau foto ke nomor WA yang telah disediakan sesuai dengan dokumen administrasi yang diurus. Sehingga, masyarakat tidak perlu berurusan langsung ke kantor Disdukcapil selagi tidak begitu penting atau mendesak. “Jika dokumen telah selesai maka baru dijemput sesuai dengan jadwal yang telah kami tentukan,” terangnya.

Gebrakan-gebrakan yang seperti ini yang patut dikembangkan, karena memberikan kemudahan kepada masyarakat adalah salah satu tupoksi kita. “Jadi dengan adanya pelayanan seperti pak Dewa ini,masyarakat tidak lagi harus pusiang atau berdesak-desakan atau Physical distancing,karena kalau masih berdesak-desakan tentu akan mempermudah penularan virus covid-19 ini,” katanya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional