Menu

Disdik Awasi Penjualan Seragam di Sekolah

  Dibaca : 87 kali
Disdik Awasi Penjualan Seragam di Sekolah
Ilustarsi Baju Sekolah (DoANTARA/Asep Fathulrahman)

AZIZ CHAN, METRO – Dinas Pendidikan Kota Padang masih menerapkan sistem sekolah gratis bagi tingkat SD dan SMP di Kota Padang. Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Padang, Ramson mengatakan, sistem pendidikan gratis terlaksana karena sudah ada ketentuannya sejak undang-undang tentang wajib belajar sembilan tahun dikeluarkan oleh pemerintah.

“Pendidikan gratis sudah harga mati dan tak bisa dirubah pemerintah daerah setempat,” ujarnya, Senin (20/5).

Ia menambahkan, item yang gratis ialah uang SPP dan pembangunan. Sementara baju seragam sekolah dan lainnya itu sebagai kebutuhan bagi mereka untuk mengikuti proses belajar mengajar (PBM) di sekolah.

Pembelian baju seragam anak terang Ramson, boleh dibeli di pasar dan tidak ada paksaan membeli di sekolah. Namun untuk baju olahraga serta baju muslim sekolah dibeli di koperasi sekolah dengan harga yang terjangkau oleh wali murid. Ini demi beban orang tua tak bertambah nanti dan kebutuhan anak bisa terpenuhi.

“Seragam putih boleh dicari di pasar dan tak ada larangannya,” paparnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius akan menindak pihak sekolah yang melakukan pungutan SPP dan pembangunan bagi anak tingkat SD dan SMP. “Kita akan panggil kepala sekolahnya nanti jika ketahuan meminta bayaran uang SPP dan pembangunan,” ujarnya.

Soal pengadaan baju di koperasi sekolah lanjutnya, jika harganya menenggang, itu sah-sah saja. Tidak enak dilihat apabila anak tidak seragam dengan teman-temannya datang ke sekolah.

Selanjutnya ungkap Barlius, Dinas Pendidikan Kota Padang akan mengawasi pihak sekolah terkait harga jual seragam olahraga dan muslim pada tiap-tiap koperasi sekolah yang dijual. Jika memberatkan pihaknya akan mengevaluasi sesegeranya. Ini demi mengurangi beban para orang tua serta memenuhi kebutuhan anak dalam mengikuti PBM. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional