Close

Disdag Kota Padang Diminta Awasi Agen dan Distributor

Ketua Komisi II DPRD Kota Padang, Jumadi

SAWAHAN, METRO–Ketua Komisi II DPRD Kota Padang, Jumadi meminta Pemko Padang segera menyalurkan BLT tambahan yang diprogramkan pemerintah pusat. Hal ini guna meringankan beban warga dalam membeli kebutuhan pokok yang saat ini naik akibat BBM naik.

“Wako Padang melalui Dinsos segera salurkan bantuan untuk warga miskin. Sebab di beberapa daerah telah cair,” ujar kader Golkar ini, Kamis (8/9).

Ia mengatakan, jika bantuan tidak dipercepat realisasinya, tentu masyarakat semakin menjerit dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan

Selain itu, pengawasan agen dan distributor barang perlu dilakukan Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Padang untuk meminimalisir penimbunan serta permainan dari pihak yang tak bertanggungjawab. Dengan kenaikan BBM, dikhawatirkan ada oknum nakal yang mencoba mengambil keuntungan, seperti menimbun barang dan juga menaikkan barang secara tak masuk akal.

“Disdag mesti kontrol hal ini dan jika ada distributor yang menyelundupkan kebutuhan, sanksi,” tegas Jumadi.

Sementara itu, Sekretaris Komisi II DPRD kota Padang, Edmon mengimbau kepada Disdag untuk gelar operasi pasar di seluruh kecamatan. Hal ini demi meringankan beban warga dan kebutuhan pokok dapat terpenuhi.

“Disdag juga mesti sidak ke bawah memastikan kebutuhan yang mengalami kenaikan karena imbas BBM,” ucap kader PKS ini.

Ia meminta Disdag menegur para agen dan distributor yang menjual sembako di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Apabila mereka bandel juga lanjutnya, cabut izin operasional. “Kita berharap dengan naik BBM penyelundupan kebutuhan tidak terjadi,” paparnya.

Sekretaris Disdag kota Padang, Afriadi Masbiran mengatakan saat ini operasi pasar telah berjalan di beberapa kecamatan dan akan berkelanjutan. Hal ini demi meringankan beban warga dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Saat ini di Kuranji sedang berjalan. Kemudian diteruskan di Pauh dan berlanjut hingga 11 kecamatan,” ucapnya.

Kebutuhan yang dilakukan operasi pasar lanjutnya, antara lain cabai, migor, telur dan beras. Disdag Padang akan upaya buat terobosan baru. Agar inflasi normal dan rakyat tidak menjerit. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top