Menu

Direktorat Tipidnarkoba Ungkap Jaringan Narkoba Sumut-Sumbar -Jakarta, 5 Hektare Ladang Ganja di Tor Sipira Manuk Dibakar

  Dibaca : 143 kali
Direktorat Tipidnarkoba Ungkap Jaringan Narkoba Sumut-Sumbar -Jakarta, 5 Hektare Ladang Ganja di Tor Sipira Manuk Dibakar
LADANG GANJA— Polisi memusnahkan lima hektare ladang ganja di Pegunungan Tor Sipira Manuk, Kabupaten Madina, Sumut.

MADINA, METRO
Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengungkap Lima hektare ladang ganja di Pegunungan Tor Sipira Manuk Desa Pardomuan Hutatua Panyabungan Timur, Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Ladang ganja di ketinggian 1.020 mdpl tersebut dimusnahkan dengan cara di bakar.

Dalam operasi penindakan yang dipimpin oleh Direktur 4 Tipid Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar pada Senin (7/12/20) itu polisi menyita sekitar17.500 batang pohon ganja.

Katanya, Pemusnahan Ladang Ganja itu terkait dengan Pengungkapan kasus jaringan Mandailing Natal, Sumatera Barat dan Jakarta.

“Hal ini adalah puncak rangkaian pengungkapan kasus Peredaran Gelap Ganja yang jaringan Madina – Sumbar – Jakarta oleh Satgas NIC Dit Tipidnarkoba Bareskrim Polri kerjasama dengan Ditresnarkoba Polda Sumut, Satresnarkoba Polres Madina dan Tim Bea Cukai sejak 2 Desember 2020 hingga 5 Desember 2020,” tutur Krisno.

Dalam pengungkapan itu, petugas gabungan telah mengamankan barang bukti sebanyak 283 Kilo Gram Ganja, 1 Unit Mobil dan juga menangkap 5 tersangka.

“Ada yang berperan sebagai pemilik ladang ganja, tukang angkut, pemesan dan bagian keuangan. Sindikat ini dibongkar tuntas di 3 TKP di Madina, Bukittinggi dan Padang,” ungkap Krisno.

Sementara ladang yang dibakar diduga kuat dimiliki seorang warga bernama Mukri (43). Dalam kegiatannya, Mukri dibantu oleh Abdul Rahman (38) dan Cakanan Rangkuti (29). Ketiganya kini dalam penahanan polisi.

Brigjen Krisno menjelaskan, pengungkapan kasus ini merupakan pengembangan atas pengungkapan sebelumnya. Ketiga tersangka ditangkap Jumat (4/12) di Desa Pardomuan Huta Tua Kec. Panyabungan Timur, Madina.

“Setelah dilakukan pengembangan, Satres Markoba Polres Madina melakukan penyelidikan ke Desa pardomuan Huta Tua Kecamata Panyabungan Timur dan menemukan ladang ganja milik tersangka Mukri sebanyak 5 (lima) hektar dengan jarak tempuh dari Desa Huta Tua ke TKP selama 3,5 jam,” kata Brigjen Krisno (8/12).

Jumlah tanaman ganja yang dimusnahkan sekitar 17.500 batang dengan tinggi 3 meter, 1 meter, 60 cm, dan 30 cm.

Selanjutnya pemusnahan barang bukti dilakukan bersama dengan Direktur Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Robert Dacosta, S.Ik, M.H, Bea cukai Sumut, Bea Cukai Provinsi Sumbar dan Bea Cukai Kota Madya Sibolga.(hsb/*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional