Menu

Dirazia, 2 Pengunjung Hiburan Malam Positif Narkoba

  Dibaca : 97 kali
Dirazia, 2 Pengunjung Hiburan Malam Positif Narkoba
Pemeriksaan Urine— Tim Gabungan yang melakukan razia tempat hiburan malam dan melakukan tes urine terhadap pengunjung.

PADANG, METRO – Sebagai salah satu upaya pemberantasan peredaran narkotika, Tim gabungan Polda Sumbar, Badan Narkoba Nasional (BNN) Sumbar dan TNI merazia sejumlah tempat hiburan malam di Kota Padang, Minggu dinihari (1/12). Dalam razia tersebut, dua orang pengunjung dinyatakan positif narkoba setelah dilakukan pemeriksaan urine.

Dua pengunjung yang positif narkoba merupakan laki-laki dan perempuan. Untuk yang perempuan diamankan di lokasi hiburan malam Happy Family Karaoke yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Padang Barat. Sedangkan yang laki-laki pengunjung Witz Club Axana di Jalan Bundo Kanduang, Kecamatan Padang Barat. Selanjutnya, mereka dibawa petugas ke mobil untuk dilakukan pemeriksaan.

Pantauan POSMETRO, beberapa titik-titik lokasi tempat hiburan malam di Kota Padang disasar petugas. Para pengunjung pun satu persatu juga dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan terhadap pengunjung tersebut di antaranya berupa identitas diri hingga dilakukan tes urine. Hal ini untuk mengetahui adanya indikasi para tamu hiburan malam terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Alhasil, dua orang pengunjung terbukti positif mengunakan narkoba di lokasi hiburan malam Happy Family Karaoke yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Padang Barat dan Witz Club Axana di Jalan Bundo Kanduang, Kecamatan Padang Barat.

Selain di dua lokasi itu, tim gabungan juga menyasar beberapa tempat hiburan malam lainnya. Seperti Juliet Pub dan Happy Puppy Karaoke. Namun, di lokasi ini para tamu dinyatakan negatif dan tidak terbukti mengunakan narkoba.

Plh Kabag Bin Ops Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kompol Mayarudin, mengatakan razia yang dilakukan merupakan program rutin yang digelar Polda Sumbar dalam rangka pemberantsan narkoba. Tidak hanya melibatkan petugas, razia kali ini juga melibatkan anjing pelacak.

“Kemampuan kami terbatas, makanya mengunakan anjing pelacak sehingga nantinya kegiatan dapat berjalan optimal. Namun meskipun hasilnya kurang memuaskan. Dalam razia para personel dipecah menjadi dua tim. Mereka secara mobile berpindah melakukan pemeriksaan dan tes urine terhadap pengunjung,” katanya.

Terkait dua pengunjung positif narkoba, Kompol Mayarudin, membenarkan adanya dua orang pengunjung hiburan malam positif narkoba. Namun, ia belum bisa merinci jenis narkoba yang membuat mereka positif narkoba.

“Belum bisa kita jelaskan yang bersangkutan mengkonsumsi narkoba jenis apa, tapi mereka positif narkoba. Namun apakah narkoba jenis sabu atau yang lainnya masih pemeriksaan,” ungkap Kompol Mayarudin.

Kompol Mayarudin menegaskan, untuk yang positif narkoba akan menjalani pemeriksaan di Polda Sumbar. Selanjutnya, tim dokter dari kepolisian akan melakukan pemeriksaan secara detail. Lalu, dilakukan assessment di bagian kedokteran dan mereka akan berstatus wajib lapor.

“Wajib lapor dilakukan karena keduanya hanya positif narkoba tanpa ditemukan barang bukti. Namun, apabila ditemukan barang bukti maka kita baru bisa melakukan tindakan secara hukum. Tim dokter akan melakukan pengobatan terhadap yang bersangkutan saat wajib lapor tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, menurut seorang perempuan yang dinyatakan positif mengaku terakhir mengkonsumsi narkoba dua hari yang lalu. Ia mengakui, barang haram tersebut diberi oleh seorang tamu asal Pekanbaru. “Terakhir makai 2 hari yang lalu. Jenis yang dipakai obat-obatan (narkoba) jenis ineks dan sabu. Di kasih sama tamu dari Pekanbaru,” ujar perempuan berinisial PA. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional