Close

Dipancing Transaksi, 3 Pengedar Narkoba Ditangkap, Belasan Paket Sabu Disita di Kota Payakumbu

PENGEDAR DITANGKAP— Tiga pengedar sabu digeledah jajaran Satrenarkoba Polres Payakumbuh usai ditangkap di dua lokasi berbeda.

PAYAKUMBUH, METRO–Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh, menangkap tiga orang pengedar  narkoba di lokasi berbeda dalam selang waktu beberapa jam, Minggu malam (6/3) hingga Senin dinihari (7/3).

Pertama kali diamankan yaitu pelaku berinisial DB (25), warga Batirai, Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, yang dibekuk Minggu (6/3), sekitar pukul 20.00 Wib, di jalan Dahlia Kelurahan Padang Tangah Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh.

Tidak berselang lama, Senin (7/3) sekitar pukul 00.30 Wib, diamankan dua orang pelaku lain berinisial FA (21), asal Jorong Koto Bakuruang, Kenagarian Mungo, Kecamatan Luak dan AW (22), merupakan warga Jorong Sawah Luar, Kenagarian Balai Panjang, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Penangkapan terhadap DB yang hanya mengenyam pendidikan hingga SLTP itu dilakukan Polisi yang melakukan penyamaran sebagai pembeli (undercover buy). Karena tidak menduga akan bertransaksi dengan Polisi yang menyamar, DB menyanggupi untuk mengantar narkoba atas perintah seorang bandar.

Bahkan, saat hendak ditangkap, tersangka DB sempat mencoba membuang barang bukti satu paket sabu, namun sabu itu berhasil ditemukan Polisi. Setelah diamankan, saat diinterogasi, pelaku DB mengaku hanya berperan sebagai kurir sabu dan diperintah seorang bandar narkoba berinisial ER.

Mendapat informasi itu, tim bergerak ke rumah ER untuk melakukan penangkapan dan penggeledahan, namun informasi penangkapan DB, diduga telah bocor, sehingga pelaku ER tidak ditemukan lagi di rumahnya. Namun, di dalam rumah pelaku ER, petugas menemukan  barang bukti beberapa paket sabu.

“Penangkapan pertama dilakukan terhadap pelaku DB yang diduga sebagai kurir dengan barang bukti satu paket sabu.  Tapi, setelah kita lakukan pengem­bangan sesuai informasi DB, kita kembali menemukan 10 paket sabu siap edar di rumah ER, meski ER berhasil kabur,” sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira melalui Kasat Resnarkoba, AKP Desneri, Senin (7/3).

Sementara penangkapan FA dan AW, dijelaskan AKP Desneri, keduanya dipancing untuk melakukan transaksi narkoba, hingga mereka sepakat untuk bertransaksi di kawasan SPBU di Kota Payakumbuh. Tidak lama menunggu, kedua pelaku pun datang ke lokasi hingga langsung ditang­kap.

“Pelaku FA dan AW ini bersahabat yang diduga sebagai pemakai dan pe­nge­dar sabu. Dari tangan keduanya diamankan satu paket sabu, alat hisap serta timbangan digital,” tu­tup­nya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top