Menu

Dinsos Gulirkan Dana Bantuan Sosial

  Dibaca : 77 kali
Dinsos Gulirkan Dana Bantuan Sosial
Afriadi, Kepala Dinas Sosial

KUINI, METRO
Tahun 2021, dana bantuan sosial (bansos) masih tetap digulirkan oleh Pemko Padang. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang, Afriadi mengatakan besaran dana bansos yang bisa diterima pemohon, tergantung kebutuhannya dan proses pencairannya bisa cepat dan bisa sampai sebulan.

“Bansos yang diterima warga ada yang individu dan berbentuk kelompok. Nilainya kisaran Rp1 juta atau lebih,” ujarnya, Rabu (10/2).

Dijelaskan, syarat utama penerima bansos adalah, penerima masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos RI. Lalu, melampirkan permohonan bantuan, KK (Kartu Keluarga), KTP, Surat Izin Usaha, Keterangan Kelurahan, lokasi usaha dan lainnya.

“Syarat itu bisa untuk individu. Sedangkan kelompok harus ada Badan Hukum. Permohonan saja yang membedakan,” ucapnya.

Ia mengatakan, permohonan yang masuk ke Dinsos dilakukan peninjauan ke lapangan dan diverifikasi petugas. Jika masih ada yang kurang, permohonan pemohon baik individu dan kelompok akan diminta dilengkapi lagi sampai lengkap.

“Proses pencairannya melalui BPKAD dan pemohon tentunya akan diberitahu kapan bisa diambil,” paparnya.

Sementara, Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Zalmadi menyambut baik adanya Bansos dan meminta pada Dinsos memprioritaskan penerima yang benar-benar butuh. Agar manfaatnya dirasakan dan kesulitan tak lama dialami.

Untuk proses pencairan, menurut kader Partai Berkarya ini, lebih cepat waktunya bila syarat lengkap. “Jangan menunda-nunda. Kita mengimbau pada warga untuk mengajukan permohonan tentu dengan lampirkan apa yang ditetapkan. Jangan asal lampirkan saja,” ulasnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional