Menu

Dinsos Bina 35 Orang Pengamen Jalanan

  Dibaca : 70 kali
Dinsos Bina 35 Orang Pengamen Jalanan
PERLIHATKAN BUKU— Pjs Wali Kota Asben Hendri memperlihatkan buku tentang potensi daerah Kota Solok.

SOLOK, METRO
Dinas Sosial Kota Solok melakukan pembinaan terhadap 35 orang pengamen yang selalu beroperasi di jalanan di Kota Solok. Langkah ini sebagai terobosan dalam rangka pembinaan dan pengawasan terhadap penyandang penyakit sosial masyarakat.

Kepala Dinas Sosial, Zulfadli mengatakan, Iangkah ini merupakan terobosan baru berupa pembinaan kepada komunitas pengamen yang ada di Kota Solok. Sebagai langkah awal dinas memberikan bantuan enam set alat musik kepada komunitas pengamen. Dijelaskan, komunitas pengamen ini terdiri dari pengamen murni dan mantan narapidana yang memilki ketertarikan terhadap seni. “ total anggota komunitas ini berjumlah 35 orang,” ujar Zulfadli.

Melalui program pembinaan ini, pihaknya berharap dapat menjadi wadah bagi komunitas pengamen jalanan di Kota Solok dan mantan narapidana yang punya jiwa seni untuk bisa terbina dengan baik.  Sebagai bentuk dukungan, Dinas Sosial menyediakan alat musik untuk komunitas ini pentas musik di pelataran taman Syeh Kukut setiap Sabtu dan Minggu.

Pembinaan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi pengamen dan mantan narapidana yang setelah masa menjalani hukuman yang sering dipandang miring oleh masyarakat. Karena adanya paradigma negatif terhadap eks-napi, eks-napza, dan penyakit masyarakat lainnya. “Kita (pemerintah) harus berperan penting untuk membantu para mantan napi ini dalam memberikan peluang, dan bantuan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup,” kata Zulfadli.

Kasi Rehabiltasi Tuna Sosial di Dinas Sosial Kota Solok, Rahmad Budi berharap pengamen yang telah dibina dapat memberikan alternatif hiburan kepada masyarakat. Ia ingin pengamen di Kota Solok ini tidak ngawur saat tampil, kalau ngawur, bukannya menghibur, tapi malah menggangu orang lain. Hal itulah yang Ia tekankan agar mereka bisa memberikan hiburan yang bagus untuk masyarakat.

“Kami akan terus berupaya untuk membina kelompok seni ini sehingga menjadi semakin lebih baik. Kami ingin kesenian di daerah ini lebih maju lagi dan berkualitas, seperti Kota Tua di Jakarta,” ujar Zulfadli. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional