Menu

Dinkes Tunggu 540 Dosis Vaksin Baru, Vaksinasi Nakes sudah 90 Persen

  Dibaca : 88 kali
Dinkes Tunggu 540 Dosis Vaksin Baru, Vaksinasi Nakes sudah 90 Persen
Dr. Bahkrizal

PAYAKUMBUH, METRO
Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bahkrizal menyebut realisasi pelaksanaan vaksinasi tahap pertama kepada tenaga kesehatan (nakes) di Kota Payakumbuh sudah mencapai 90 persen dari 1.160 orang tenaga kesehatan penerima vaksinasi covid-19.

“Untuk vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan kita dari 1.160 orang sudah dilakukan suntik vaksinasi sebanyak dua kali. Pelaksanaan vaksinasi berjalan sukses, aman dan baik,” sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal, kemarin kepada wartawan di kantornya Jalan Pahlawan.

Dia menyebut hanya ada beberapa orang tenaga kesehatan Kota Payakumbuh yang terdata sebagai penerima vaksin covid-19 belum dilakukan penyuntikan karena kondisi dalam keadaan hamil. Mengingat, ibu hamil memang tidak diizinkan untuk dilakukan suntik vaksin covid-19.

“Adanya aturan baru dari Kemenkes terkait vaksinasi tidak banyak yang batal di vaksin, ibu menyusui telah kami vaksin. Hanya ibu hamil yang memang belum diperbolehkan untuk dilakukan vaksina covid-19,” sebutnya.

Dikatakannya, untuk kota Payakumbuh menerima alokasi vaksin sebanyak 2.320 dosis tahap pertama pada akhir Januari lalu. Sepekan kemudian dimulai pada tahap penyuntikkan pada Februari 2021 kepada Forkopimda dan tenaga kesehatan.

Bahkrizal memastikan bahwa program vaksinasi di Kota Payakumbuh berjalan dengan aman dan lancar. “Hingga saat ini, penerima vaksin tidak ditemukan mengalami efek samping yang membahayakan usai divaksinasi,” sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh yang mudah diakses wartawan ini menyebut, pihaknya masih menunggu terkait 540 dosis vaksin yang direncanakan datang pada minggu depan yang akan diprioritaskan untuk anggota TNI/Polri.

“Setelah forkopimda dan tenaga kesehatan kita masih menunggu dosis vaksin yang diprioritaskan untuk anggota TNI/Polri. Dan kemudian kepada kelompok ASN, THL dan Honorer Guru sekitar 7000 orang diluar nakes. Kemudian juga sudah kita usulkan kepada pemerintah pusat untuk masyarakat sebanyak 90 ribu dosis, itu idealnya,” sebut Kadis. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional