Menu

Dinkes Kota Payakumbuh Antisipasi Kipi saat Penyuntikan Vaksin Moderna

  Dibaca : 54 kali
Dinkes Kota Payakumbuh Antisipasi Kipi saat Penyuntikan Vaksin Moderna
Bakhrizal.

PAYAKUMBUH, METRO–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan menyiapkan obat-obatan yang dinilai dapat mengantisipasi Kipi atau kejadian ikutan setelah imunisasi untuk vaksin Moderna yang akan segera diberikan kepada masyarakat.

”Dari beberapa informasi yang didapatkan Kipi dari vaksin Moderna memang lebih dari vaksin Sinovac yang selama ini disun­tikkan ke masyarakat Kota Payakumbuh,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakh­rizal kemarin.

Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan obat-obatan seperti pengu­rang rasa sakit dan de­mam di lokasi penyun­tikkan vaksin COVID-19.

”Oleh sebab itu ma­syarakat kita tidak perlu khawatir karena bisa dia­tasi baik dengan meng­gunakan obat seperti pengurangan rasa sakit dan demam,” katanya.

Ia mengatakan bahwa saat ini vaksin Moderna sudah datang di Kota Payakumbuh sekitar 5.000 dosis yang akan disuntikkan kepada masyarakat dan tenaga kesehatan.

”Vaksin ini akan digunakan separuh dan separuh­nya akan ditinggalkan untuk penyuntikkan dosis kedua untuk yang telah disuntikkan vaksin pertama,” ujarnya.

Hanya dipakai separuh vaksin Moderna tersebut untuk memastikan agar penerima vaksin dosis pertama tetap mendapatkan penyuntikkan dosis kedua.

”Totalnya itu 3.640 dosis Moderna yang akan diberikan untuk masyarakat dan sebanyak 1.288 untuk tenaga kesehatan,” ujarnya.

Ia mengatakan efikasi vaksin Moderna memang dinilai lebih baik dari vaksin Sinovac meskipun kipi dari vaksin Moderna lebih tinggi.

Tingkat efikasi dari vaksin Moderna mencapai 94,1 persen bagi yang telah disuntikkan dua kali dosis sedangkan untuk efikasi vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen. (uus)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional