Close

Dinkes Kota Pariaman Lakukan Workshop Pemahaman Standar

Kepala Dinas Kesehatan, Nazifah.

PARIAMAN, METRO–Dinas Kesehatan Kota Pariaman mengadakan Work­shop Pemahaman Standar dan Instrumen akrediatsi puskesmas ta­hun 2021, kemarin. Workshop dilaksanakan men­nyusul tiga puskesmas di Kota Pariaman kembali diakreditasi tahun ini.

Kepala Dinas Ke­se­ha­tan, Nazifah, mengatakan bahwa tujuan workshop dilaksanakan adalah untuk membekali pimpinan pus­kesmas dalam me­lak­sa­nakan reakreditasi.

“Workshop pema­ha­man standar dan instru­men akreditasi puskesmas sengaja kita laksanakan agar semua staf dan pim­pinan puskesmas yang a­kan melakukan  reak­re­ditasi bisa lebih me­nyiap­kan bahan – bahan yang diperlukan. Tidak hanya untuk reakreditasi, melain­kan agar lebih meman­tapkan pelayanan ter­ha­dap pasien sehingga pa­sien akan lebih merasa nyaman saat berobat,” ungkapnya.

Standar dan instrumen akreditasi puskesmas ini meliputi Kepemimpinan dan Manajemen Pus­kes­mas (KMP), Upaya Kese­hatan Masyarakat (UKM), penyelenggaraan upaya kesehatan perseorangan dan penunjang, program prioritas nasional dan pe­ningkatan mutu pusk­es­mas.

“Akreditasi terhadap suatu puskesmas sangat­lah penting. Hal ini me­rupakan sebuah bukti bah­wa puskesmas tersebut telah sukses dalam mela­kukan pelayanan terhadap masyarakat.  Saat ini ada 3 (tiga) puskesmas di Kota Pariaman yang akan me­lakukan reakreditasi untuk tahun 2021 antara lain Pus­kesmas Marunggi, Pus­kesmas Sikapak dan Pus­kesmas Pariaman. Reak­reditasi dilakukan sekali dalam 3 (tiga) tahun,” tam­bahnya.

Ia berharap dengan telah dilaksakannya workshop ini semua puskesmas dapat mempersiapkan se­mua bahan – bahan reak­reditasi sehingga proses reakreditasi bisa berjalan lancar dan berhasil. De­ngan demikian pelayanan terhadap masyarakatpun lebih dioptimalkan lagi. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top