Close

Dinkes Kota Pariaman Gelar Lomba Pencegahan PTM

SERAHKAN HADIAH— Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah serahkan hadiah perlombaan.

PARIAMAN, METRO–Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah menyatakan dinasnya gelar lomba sosialisasi pen­cegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular   PTM), antar puskesmas yang ada di Kota Pariaman.  Acara ini merupakan kampanye PTM tingkat Kota Pariaman untuk tahap pertama, dimana diikuti oleh kader PTM yang disebut juga Kader Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) Desa dan Kelurahan yang ada di Kota Pariaman, bertempat di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Desa Naras, Kecamatan Pariaman Utara, kemarin.

“Lomba ini sebagai upaya untuk meningkatkan SDM serta kecakapan para kader PTM, agar dapat lebih memahami dan menguasai materi tentang bagaimana untuk mencegah dan mengendalikan PTM di desa/kelurahanya nanti,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah, kemarin.

Katanya, cegah dan Kendalikan PTM sebagai Komorbit Covid-19, dengan CERDIK dan Patuh,” adalah Tema yang diambil kali ini, dimana Nazifah melihat, bahwa tingginya tingkat kematian pasien Covid-19, sebagian besarnya adalah karena Komorbit (penyakit penyerta) yang dideritanya.

“Indonesia saat ini menghadapi pergeseran pola penyakit dari Penyakit Menular (PM) menjadi Penyakit Tidak Menular (PTM). Kalau dulu PTM diderita bagi para orang tua, tapi sekarang, trennya diderita oleh generasi produktif dibawah umur 25 tahun, tentu ini akan menjadi menjadi permasalahan dikemudian hari, karena indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2040 mendatang,” jelasnya.

Pada Kampanye PTM yang digelar Dinas Ke­sehatan Kota Pariaman ini juga mengundang Asisten Ahli Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Padang, Kamal Kasra, SKM, MQIH, Ph.d sebagai Narasumber.

“Diharapkan dengan penyampaian materi dan diskusi dengan pak Kamal Kasra ini, kita di Dinas Kesehatan dan para Kader PTM, dapat menambah ilmu dan wawasan kita, tentang penanganan PTM yang baik dan penerapanya,” tutupnya.

Pada Lomba Sosialisasi Pencegahan dan Pe­ngendalian PTM ini, Juara Pertama diraih oleh Puskesmas Kampung Baru Padusunan, atas nama kader Yolanda Putri Yohanes (Kader Desa Kp Gadang). Juara II oleh Puskesmas Pariaman, atas nama Rum Sari (Kader Desa Rawang) dan Juara III oleh Puskesmas Naras, atas nama Weni (Kader Desa Sei Rambai).

Untuk Harapan I diperoleh Puskesmas Kuraitaji, atas nama Ayu Mayasari (Kader Desa Rambai), Harapan II oleh Puskesmas Sikapak, atas nama Yulia Kasyahnova (Kader Desa Tungkal Selatan), Harapan III oleh Puskesmas Marunggi, atas nama Rima Yuni (Kader Desa Padang Cakur) dan Harapan IV oleh Puskesmas Santok atas nama Yurlinawati (Kader Desa Kp Tangah).

Selain mendapatkan hadiah yang telah disiapkan, panitia juga menyiapkan banyak door price untuk para peserta yang datang. Sebelum kegiatan dibuka oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, acara dimulai dengan melakukan senam bersama di halaman kantor Dinas Kesehatan Kota Pariaman ini. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top