Close

Dinkes Kabu­pa­ten Pasaman Catatat Ratusan Ribu Warga sudah Divaksin

Defrizal, Kepala Dinkes Pasaman.

PASAMAN, METRO–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabu­pa­ten Pasaman mencatat total masyarakat yang telah divaksin COVID-19 dari usia 12 tahun ke atas atau sampai ke tingkat dewasa seba­nyak 156.014 orang dari sasaran mencapai 235.260 orang.

”Jadi persentasenya baru mencapai 33,38 per­sen,” kata Kepala Dinkes Pasaman, Defrizal.

Target gebyar vaksi­ni­sasi di Pasaman sampai Rabu (4/10) mencapai 5.913 orang dari target 5.550 orang.

Ia menjelaskan se­lama gebyar vaksinisasi dibantu 39 Tim Vaksinator yakni 38 dari Puskesmas dan satu vaksinator dari Polres Pasaman.

Berharap kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dan mengi­kuti vaksinisasi di tempat-tempat yang telah disediakan antara lain sekolah, puskesmas, kantor wali dan lainnya sehingga target yang diberikan bisa direalisasikan.

Sementara, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang­kabau (LKAAM) Pasaman, Afrizal DT Basa mengatakan bahwa upaya yang telah dilakukan secara total oleh Polres Pasaman beserta jaja­rannya, dinilai mampu merubah opini ma­syarakat terkait vaksin COVID-19.

Selama ini diakui ada sikap penolakan oleh ma­syarakat, namun setelah diberikan penjelasan oleh petugas polisi di seluruh lini maka secara perlahan ang­gapan negatif masyarakat itu sedikit demi sedikit bisa dirubah.

Bisa dilihat saat pelak­sanaan Sumbar sadar vak­sin (Sumdarsin) yang ber­langsung baru-baru ini di­mana sangat jelas terlihat bagaimana semangat ma­sya­rakat berbondong-bondong men­datangi gerai vaksin dengan harapan bisa segera keluar dari situasi pandemi.

”Secara pribadi saya melihat bagaimana kegigihan itu bisa mela­hirkan pencapaian luar biasa yang secara naluri kemanusiaan cukup mendatangkan rasa keharuan cu­kup mendalam,” katanya. Penilaian positif terhadap kinerja baik yang ditoreh­kan pihak pemerintahan tanpa kenal lelah serta menempuh resiko terpa­par virus COVID-19. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top