Menu

Dinkes bakal Tertibkan Tempat Rapid Tes tak Berizin

  Dibaca : 74 kali
Dinkes bakal Tertibkan Tempat Rapid Tes tak Berizin
Ferimulyani Hamid, Kepala Dinkes Kota Padang

AIA PACAH, METRO
Warga Kota Padang yang ingin melakukan rapid tes diharapkan melakukannya pada lembaga- lembaga yang berizin. Dalam waktu dekat, Dinkes Kota Padang akan menertibkan semua lembaga yang memberikan pelayanan rapid tes, namun tak memiliki izin.

“Belakangan memang banyak kita temui lembaga lembaga rapid tes di sepanjang jalan. Itu akan kita tertibkan semua. Karena ada yang tak berizin,” sebut Kepala Dinkes Kota Padang, Ferimulyani Hamis.

Menurutnya, banyak bahaya jika melakukan tes pada tempat sembarangan. Karena pada tempat itu, bisa aaja pengelolaan limbah medianya tidak benar. Dan itu akan merugikan masyarakat. Di samping itu, pengambilan sampel cairan dari area nasofaring harus dilakukan oleh orang-orang yang profesional. Bukan orang-orang sembarangan.

Makanya, ia mengimbau semua warga yang hendak melakukan rapid tes hendaknya melakukannya di fasilitas-fasilitas kesehatan yang resmi. Sehingga masyarakat tidak dirugikan. “Kita mengimbau semua masyarakat yang melakukan rapid tes untuk berbagai kepentingan, lakukanlah pada tempat-tempat atau fasilitas kesehatan resmi. Bukan di pinggir-pinggir jalan,” tandasnya.

Ke depan, kata dia, lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan rapid tes akan disharing lebih ketat. “Sehingga keberadaan lembaga ini tak justru memperluas penularan,” katanya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional