Close

Dinkes Adakan Workshop Penguatan Kapasitas TPCB

PADANG PANJANG, METRO–Guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan meningkatkan kapasitas bagi Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB), Dinas Kesehatan (Dinkes) adakan kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas TPCB.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Dinkes, Marlina Permata Sari, MKM di Aula Hotel Pangeran, Rabu (13/7).

Marlina menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan agar implementasi manajemen puskesmas dapat dilaksanakan secara optimal.

Dan, implementasi perbaikan mutu yang ber­kesinambungan dapat terlaksana secara konsisten, maka diperlukan pembinaan dan pengawasan oleh Dinkes sebagai pemilik puskesmas yang men­delegasikan sebagian wewenang kepada puskesmas.

Dikatakan, berdasarkan analisis tingkat kelulusan akreditasi, diperoleh gambaran bahwa salah satu faktor utama penyebab puskesmas lulus di tingkat dasar dan madya adalah penyusunan perencanaan puskesmas yang belum berbasis pada hasil evaluasi kinerja.

“Hal ini dipicu oleh implementasi manajemen puskesmas sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan yang mengatur tentang Pedoman Manajemen Puskesmas belum dilaksanakan secara optimal. Pada gilirannya mempengaruhi implementasi perbaikan mutu secara berkesinambungan yang tidak berjalan secara konsisten,” terangnya.

Jadi untuk itu seluruh anggota TPCB yang dibentuk, katanya, harus memiliki kemampuan kepemimpinan, manajerial dan teknis program sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Selain itu anggota TPCB harus memiliki kemam­puan dasar tentang tupoksi organisasi Dinkes, kebijakan nasional dan kebijakan pelaksanaannya di provinsi dan kabupaten/kota, standar pelayanan minimal bidang kesehatan, pedoman pembinaan terpadu puskesmas oleh Dinkes, manajemen puskesmas, tata kelola mutu di puskesmas, standar akreditasi pus­kesmas, analisis data serta informasi dan teknik komunikasi dan pembinaan.  Kegiatan tersebut mendatangkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi, dr. Rina Soviyanti, M.Kes. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top