Close

Dinas PUPR Kota Payakumbuh Komit Beri Pelayanan Terbaik

KUBUGADANG, METRO–Tamu yang baru saja masuk ke Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pe­nataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh sudah di­nanti oleh petugas front office dengan hangat, mereka ditanyakan keper­luannya datang dan di­minta mengisi buku tamu terlebih dahulu. Apabila tamu ada keperluan de­ngan pejabat di dinas, maka mereka bisa duduk menunggu di sofa ruang tunggu yang telah dise­diakan.

Pelayanan ini meru­pakan bagian dari ko­mitmen Dinas PUPR untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sebagian besar datang ingin mengurus advice planning, izin mendirikan bangunan, legis gambar, serta warga pemilik ba­ngunan yang memenuhi surat teguran dinas ka­rena bangunannya ber­masalah.

Kepala Dinas PUPR Muslim didampingi Sek­retaris Rajman saat di­temui media di kantornya, baru-baru ini mengatakan ada 10 pelayanan yang diberikan dari standar pelayanan publik di PUPR. Seperti Layanan Pener­bitan Surat Keterangan Rencana Kota (KRK) Advice Planning (AP), Laya­nan Penerbitan Reko­men­dasi Teknis IMB, Layanan Penerbitan Rekomendasi IUJK, Layanan Penerbitan Rekomendasi Bebas Ban­jir, Layanan Peneribtan Izin Pemanfaatan Ruang Milik Jalan, Layanan Pe­nye­diaan Harga Satuan Bangunan Gedung Ne­gara (HSBGN), Layanan Sewa Alat Berat, Layanan Penerbitan Kartu Penang­gung Jawab Teknis Badan Usaha, Layanan Klinik Jasa Konstruksi, dan Laya­nan Penanganan Kerusa­kan Insfrastruktur.

“Masing-masing pela­yanan ada alurnya. Pe­mohon bisa masuk melalui mal pelayanan publik (M­P­P) di lantai 1 balai kota atau langsung ke dinas PUPR. Mengajukan per­mo­honan, mengisi balng­ko, dan melampirkan per­syaratan,” kata Muslim.

Muslim mencon­toh­kan, seperti layanan advice planning, nanti se­telah urusan berkas sya­rat selesai, dinas akan survey ke lapangan dan disesuaikan dengan RT­RW atau RDTR, barulah bisa dikeluarkan surat advice planningnya. Semen­tara untuk IMB, apabila syarat permohonannya lengkap, bisa dikeluarkan rekomendasi teknis IMB dan biaya yang harus dibayarkan.

“Konter pelayanan PU­PR di MPP hadir untuk melayani warga yang i­ngin mengurus advice planning dan IMB, terma­suk pengaduan,” kata Mus­lim.

Di samping itu, me­nurut Muslim, ketika ma­syarakat yang langsung ke kantor dinas diterima di front office mereka lebih banyak dilayani di ruang tunggu atau ruang tamu dinas, selagi tempat me­mungkinkan untuk mem­prosesnya.

“Mekanismenya beda lagi dengan tamu ke klinik jasa konstruksi, mereka dibawa ke ruang layanan jasa konstruksi yang telah disediakan di kantor di­nas,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top