Close

Dinas PKP2LH Sawahlunto Gelar Lomba Karya Daur Ulang Sampah 3R

DAUR ULANG—Terlihat hasil daur ulang sampah untuk memeperingati Hari Lingkungan Hidup.

SAWAHLUNTO, METRO–Gelar Lomba Karya Daur U­lang Sampah 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PKP2LH) Kota Sawahlunto. Lomba tersebut diikuti tingkat SLTP dan SLTA se Kota Sawahlunto dimulai sejak 4 Juli sampai Jumat (15/7).

Kepala Dinas PKP2LH Kota Sawahlunto Adrius Putra menyatakan daur ulang sampah 3R ini penting disosialisasikan kepada generasi muda atau pelajar karena 3R adalah upaya yang meliputi kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle) “Dengan lomba karya daur ulang sampah 3R masih dalam rangkaian hari lingkungan hidup ini menumbuhkan ide dan kretifitas untuk dapat menjaga lingku­ngan hidup “ kata Adrius Jumat (15/7).

Kepala Bidang Lingkungan Hidup PKP2LH Kota Sawahlunto Heantomas menyatakan kegiatan dengan tema mengolah sampah menjadi barang berguna ini dengan tujuan menciptakan kre­ativitas pelajar atau generasi muda dalam melukis dan memanfaatkan benda sekitar di anggap masih bisa digunakan.

Dengan kretaifitas dan memanfaatkan limbah juga diharapkan mampu mengingatkan siswa akan pentingnya menjaga ling­kungan dan memanfaatkannya. Dengan demikian secara tidak langsung akan mendidik generasi muda untuk peduli terhadap persoalan sampah

Ketua Pelaksana lomba karya daur ulang sampah 3R Andri Maha Putra menyatakan lomba ini dimulai sejak 4 Juli 2022 lalu yang se­ngaja proses rangkaian pengerjaanya harus dipublikasikan di media sosial dan Instagram selama sepuluh hari “Di samping kesesuaian karya dengan tema mengolah sampah menjadi ba­rang berguna, perbandingan bahan organik dan non organik, manfaat juga jumlah like dan tag di medsos juga jadi pertimbangan dalam penilaian” kata Andri

Dia menambahkan kalangan pelajar SLTP dan SLTA dikota ini sangat antusias dan karya yang terkumpul sebanyak 23 karya yang beranekaragam dengan inovasi menarik, seperti meja belajar, miniature jam gadang, cap lampu kamar tidur serta kreasi bunga. “Hasil karya pemenang akan diumumkan sekaligus pe­nyerahan hadiah pemenang pada puncak rangkaian peringatan hari lingkungan hidup, Kamis 21 Juli 2022 mendatang” pungkasnya. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top