Menu

Dinas Pertanian Kecipratan Dana Rp 16 M

  Dibaca : 230 kali
Dinas Pertanian Kecipratan Dana Rp 16 M
Syahrial Kamat, Kepala Dinas Pertanian Kota Padang

AIA PACAH, METRO
Tahun 2021 ini Dinas Pertanian Kota Padang mendapat alokasi dana Rp16 miliar dari APBD Padang. Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat menyampaikan anggaran sebanyak itu akan diperuntukkan untuk membantu petani dalam bercocok tanam dan perbaikan-perbaikan irigasi pertanian.

“Kita menunjang petani untuk terus menanam di lahan yang ada. Baik itu padi, kopi dan lain. Tujuannya, agar kebutuhan warga terpenuhi dan kesulitan kebutuhan tak dialami. Apalagi sekarang pandemi Covid-19 masih melanda Kota Padang,” ujar Syahrial, Kamis (4/2).

Selanjutnya, Dinas Pertanian juga akan menyalurkan bibit-bibit dan peralatan yang akan digunakan dalam bercocok tanam pada kelompok-kelompok tani dan masyarakat yang butuh.

“Demi hasil yang bagus dan bernilai jual, kita siap perhatikan petani,” ucapnya.

Pada 2020 lalu, lanjutnya, Dinas Pertanian juga tetap menjalankan program yang sama dan apa yang disusun terealisasi 80 persen meskipun terjadi pandemi Covid.

“Tahun lalu, anggaran awalnya Rp21 miliar. Namun, dalam perjalanan ada wabah Covid-19, sehingga dipangkas menjadi Rp11 miliar,” paparnya.

Untuk bantuan selama pandemi, tak banyak disalurkan ke petani sebab dana terbatas. Bantuan yang disalurkan berbentuk bibit dan lainnya.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Padang, Surya Jufri meminta kepada Dinas Pertanian untuk memanfaatkan dana yang ada dengan baik serta dorong para petani menghasilkan kebutuhan lebih baik lagi.

“Distan mesti buat perencanaan soal pemakaian dana dengan terstruktur. Agar jelas kemana habisnya dan masalah tak muncul,” ujar kader Demokrat ini.

Kepada petani dan kelompok yang ada, mari taati apa yang dirancang oleh dinas serta koordinasi mesti dijalin. Itu demi sinkronisasi dan realisasinya full. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional