Menu

Dinas Pertanian Catat ada 16 Kandang Peternak Ayam Potong di Kabupaten Pa­saman

  Dibaca : 51 kali
Dinas Pertanian Catat ada 16 Kandang Peternak Ayam Potong di Kabupaten Pa­saman
Romi Zuswandi Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman.

PASAMAN, METRO–Dinas Pertanian Kabupaten Pa­saman mencatat hingga Juli 2021 untuk jumlah peternak ayam jenis broiler (ayam potong) mencapai 16 kandang di daerah itu.

”Sebanyak 16 peternak ayam itu tersebar di tujuh Kecamatan di Kabupaten Pasaman,” kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman, Romi Zus­wandi.

Tujuh Kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Lubuk Sikaping, Keca­matan Tigo Nagari, Kecamatan Duo Koto, Kecamatan Padang Gelugur, Kecamatan Rao Selatan, Keca­matan Panti dan Kecamatan Rao.

Romi menyampaikan, data 16 peternak ayam itu merupakan data sementara dan kabarnya informasi yang saya dapatkan ada data tam­bahan nantinya sekitar lima pe­ternak ayam lagi, namun kita belum mengunjungi dan belum me­mas­tikan ke lapangan.

Jumlah ayam broiler di Tujuh Kecamatan itu, dalam satu kadang ada bermacam-macam banyaknya dari 5 ribu, 10 ribu hingga 30 ribu ekor ayam.

”Harga pasar satu ekor ayam boiler saat ini saya belum me­ngetahui berapa harganya sebab para peternak melakukan kerja sama dengan mitra perusahaan mereka masing-masing,” katanya.

Tugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman khusus pada bidang peternakan yakni penga­wasan.

”Adapun mekanisme penga­wasan terhadap para peternak ayam yakni dampak lingkungan, keberpihakan para perusahaan terhadap peternak dan lainnya,” ujarnya.

Pengawasan sebenarnya tidak hanya dari Dinas Pertanian Kabu­paten Pasaman, akan tetapi pihak Camat hingga Nagari setempat ikut melakukan mengawasi.

Sedangkan untuk secara teknis pihaknya tidak ingin terlibat secara mendalam sudah ada mitra peru­sahaan masing-masing.

Ia berharap kepada para pete­r­nak ayam agar selalu melakukan koordinasi serta memberikan infor­masi terhadap Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman terkait ke­giatan yang dilakukan. (mir)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional