Menu

Dinas Pendidikan bakal Berubah jadi Disdikbud

  Dibaca : 248 kali
Dinas Pendidikan bakal Berubah jadi Disdikbud
PEMBAHASAN PANSUS— DPRD menggelar rapat Pansus I dengan Pemko Padang terkait Perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Jumat (22/11). (wista yuki/posmetro)

SAWAHAN, METRO – Pemko Padang mengajukan perubahan nama Dinas Pendidikan menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Hal ini disesuaikan dengan nomenklatur di pusat yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rencana perubahan ini masih dalam tahap pembahasan di DPRD Padang bersamaan dengan pergantian nama di beberapa OPD lainnya. Namun, DPRD Padang khawatir dengan digabungnya kebudayaan ke dalam Dinas Pendidikan. Menurut DPRD, penggabungan ini ditakutkan menambah beban OPD tersebut.

“Saat ini beban Disdik sudah cukup berat, sebab yang dikejar yaitu kualitas pendidikan. Sekarang jika ditambah dengan kebudayaan, apakah akan terganggu pendidikan. Jangan sampai nanti Disdik kececer pekerjaannya karena ditambah bidangnya,” ujar Anggota DPRD Padang Azwar Siry saat rapat Pansus I dengan Pemko Padang terkait Perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Jumat (22/11).

Hal yang sama juga diutarakan Ketua Pansus I Elly Thrisyanti. Namun begitu, Elly berharap dunia pendidikan bisa lebih baik jika memang nantinya kebudayaan digabungkan ke Disdik.

Sementara itu, Kadisdik Kota Padang Barlius menyatakan kesiapannya dalam mengemban tugas jika kebudayaan akan digabungkan ke Disdik. Sebab, antara pendidikan dan kebudayaan menjadi satu kesatuan dan tidak terpecahkan.

“Pendidikan dan kebudayaan itu bagai dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan,” bebernya.

Sebelumnya, kebudayaan ini berada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). Rencananya, Disparbud juga akan berubah menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam rapat pansus I ini diketahui juga bahwa kebudayaan yang akan ditempatkan di Disdik yaitu lebih kepada pembinaan, pengkajian. Sedangkan, unsur budaya lainnya yaitu seperti cagar budaya dititipkan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional