Menu

Dinas Pariwisata Tidak Tutup Lokasi Balimau, Arfian: Masih Menanti Instruksi Wako

  Dibaca : 97 kali
Dinas Pariwisata Tidak Tutup Lokasi Balimau, Arfian: Masih Menanti Instruksi Wako
Arfian, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang

JATI, METRO
Dinas Pariwisata Kota Padang tidak menutup lokasi pemandian bagi masyarakat yang akan melakukan tradisi pergi balimau jelang masuk bulan suci Ramadhan yang tinggal 3 hari lagi.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian menyampaikan pihaknya masih menanti surat instruksi dari wako Padang tentang penutupan lokasi pemandian. Apabila edaran dari wako harus ditutup, Dinas Pariwisata siap menutupnya. “Kita lihatlah kebijakan yang dikeluarkan wako,” ujar Arfian, Jumat (9/4).

Dijelaskan, untuk Pantai Air Manis, apakah dibuka atau tidak, itu merupakan kewenangan Perumda PSM. Sebab, Pantai Air Manis yang mengelolanya adalah PSM, bukan Dinas Pariwisata lagi. “Tanya ke PSM, karena itu kewenangan mereka. Sedangkan untuk Pantai Padang tidak dilakukan penutupan. Hanya petugas Satpol PP melakukan pengawasan guna mengurangi kerumunan,” ucapnya.

Kasat Pol PP Padang, Alfiadi menyampaikan Satpol PP melakukan pengawasan di lapangan, sedangkan untuk penutupan objek wisata tidak kewenangannya. “Untuk antisipasi kerumunan kita akan sebar personel ke lokasi pemandian atau lubuak,” ujarnya.

Satpol PP juga mengawasi warga yang tidak patuhi prokes dan memberikan sanksi bagi yang melanggar.

Tidak Ada Anjuran Balimau
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Duski Samad menyampaikan tidak ada anjuran balimau dalam Islam jelang masuk Ramadhan. “Janganlah pergi ke pemandian. Mandi di rumah,” ungkap Duski Samad.

“Jika berbondong-bondong ke lubuak lubuak, akan terjadi kerumunan dan penularan virus bisa terjadi. Jangan lakukan kegiatan yang tak ada dalam Islam. Sebaiknya kita meramaikan masjid,” imbaunya, meminta warga tetap di rumah saja. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional