Close

Dinas Kearsipan Gelar Lomba

BAGIKAN SERTIFIKAT— Wabup Pasbar Risnawanto bagikan sertifikat bagi peserta lomba bercerita.

PASBAR,METRO–Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mengadakan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Da­sar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Pasbar kemarin, Selasa (14/6) di halaman kantor Dinas Ke­arsipan dan Perpustakaan setempat.  Lomba secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Risnawanto yang didampingi stakeholder terkait.

Dalam sambutannya Wabup Risnawanto menjelaskan, seiring perkem­bangan zaman semakin lama minat baca dan bercerita anak-anak dan ge­nerasi muda semakin me­nu­run. Dengan perkem­bangan teknologi saat ini, menjadi tantangan sendiri bagi para orangtua dalam menyemangati anak untuk gemar membaca dan bercerita. “Dulu orang tua kita selalu mendongeng, bahkan kita sangat menunggu diberi cerita menjelang tidur. Apa yang diceritakan orangtua kita akan kita i­ngat hingga kita dewasa”, ucapnya.

Bukan hanya minat ba­ca dan berceritanya yang kurang, anak-anak zaman sekarang ini, tidak memiliki mental bercerita dide­pan khalayak ramai. Untuk itu, dengan dilaksanakan lomba oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan diharapkan dapat mening­katkan kembali kegemaran membaca dan bercerita anak-anak dan generasi muda Pasbar. “Kenapa dari usia dini, karena di usia ini usia yang tepat memupuk mental anak agar mencintai buku dan berani tampil. Sebab anak-anak ini juga lah yang akan jadi penerus kita. Saya berharap, semua penggiat dan unsur di du­nia pendidikan dapat mendukung program ini”, kata Risnawanto. Dalam memotivasi anak didik tambahnya, nantinya di seluruh kecamatan harus mengikuti lomba tersebut. Memaksimalkan jumlah peserta lomba, dan menambah hadiah untuk pemenang dan peserta lomba.

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar Muharram menyebutkan, ke­giatan lomba diselenggarakan untuk memupuk rasa percaya diri, menciptakan kekuatan mental pelajar tampil dalam berbagi ke­giatan yang bermanfaat, serta menumbuhkem­bang­kan kecintaan akan budaya musantara. “Peserta lomba terdiri dari pe­lajar SD/MI perwakilan seluruh korwil di Pasbar, yang lombanya sudah dilaksanakan pada tingkat kecamatan. Dewan juri terdiri dari penggiat literasi Pasbar,” jelas Muharram.

Hadiah yang diberikan kepada pemenang Juara I Rp. 1.000.000, tropy dan piagam Penghargaan. Peme­nang Juara II Rp. 800.­000, tropy dan piagam Penghargaan dan kepada pemenang Juara III Rp. 600.000, tropy, serta pi­agam penghargaan. “Kepada seluruh peserta lomba di­berikan sertifikat, juga kepada dewan juri di berikan honorarium dan trasportasi,” tambah Muharram.  (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top