Close

Dilarang Buang Sampah Sembarangan di Nagari Ko­to Rawang

Pihak Nagari Koto Rawang, mengimbau dan memasang spanduk, larangan membuang sampah ke sungai di Jembatan Gantung Koto Rawang yang setiap hari dilintasi masyarakat.

PESSEL, METRO–Pemerintah Nagari Ko­to Rawang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan meminta masya­rakat di daerah itu tidak membuang sampah secara sembarangan ke aliran sungai.

Untuk itu, pihak nagari mengimbau dan mema­sang spanduk larangan membuang sampah ke su­ngai. Spanduk larangan dipasang di Jembatan Gantung Koto Rawang yang setiap hari dilintasi ma­syarakat.

“Ini kita minta agar masyarakat lebih menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal mereka agar sungai-sungai yang bersih di nagari kita tidak tercemar,” jelas Derijol, selaku Wali Nagari Koto Rawang, Minggu (14/11).

Secara lisan dan di berbagai kegiatan dan ke­sempatan saat bertemu warga, Derijol juga selalu mengajak dan mengimbau masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan sungai.

Kebiasaan membuang sampah secara sem­ba­rangan menurutnya harus dihentikan sebelum kondisi sungai rusak da bertambah parah.

“Sebelumnya, kita menemukan sejumlah sampah berserakan dan di­buang ke aliran sungai. Tentunya hal ini tidak akan kami biarkan, kami harus mem­berikan pemahaman masyarakat untuk pentingnya menjaga lingkungan sungai,” tambahnya.

Pemerintah nagari me­larang masyarakat untuk tidak membuang sampah baik dibawah jembatan mau­pun di sepanjang aliran sungai di nagari setempat karena hal tersebut akan berdampak tidak baik terhadap lingkungan su­ngai dan menimbulkan  pen­ca­maran dari sampah-sampah makanan maupun sampah busuk yang di­buang tidak pada tempatnya.

Derijol menegaskan u­p­a­ya untuk menjaga ling­kungan tersebut harus di­dukung bersama-sama o­leh seluruh masyarakat karena semua itu pada intinya juga untuk kebaikan bersama. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top