Close

Dilantik Fadli Zon, Dafrawira De Hansen Pimpin HKTI Padang

PENYERAHAN SK— Ketua DPN HKTI Fadli Zon menyerahkan SK DPC HKTI Kota Padang kepada Dafrawira De Hansen didampingi Sekretaris Zulkifli Nurdin.

BELAKANG TANGSI, METRO–Tokoh muda Kota Padang, Dafrawira De Hansen dilantik Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Keru­ku­nan Tani Indonesia (DPN HKTI) Fadli Zon sebagai ketua DPC HKTI Kota Pa­dang periode 2022-2027, Jumat (18/3) di Hotel Truntum Padang. Bersama pe­ngurus lainnya, HKTI Padang diharap­kan men­jadi organisasi yang bisa mem­bantu para petani lebih sejahtera.

Dafrawira yang akrab disapa Adek Hansen ini mengakui, lahan pertanian di Kota Padang memang terus berkurang dari waktu ke waktu. Tertama dengan masifnya pembangunan perkantoran dan peru­ma­han di Padang pinggir kota (Papiko). Namun, hal itu tidak menutup kemung­kinan petani mendapatkan kesejahteraan, karena ke­bu­tuhan pasar yang tinggi.

“Apalagi kita sadar, agak susah menambah jumlah petani karena di­ang­gap sebagai pekerjaan yang kurang keren. Untuk itulah, HKTI Padang akan mencoba menyosiali­sasi­kan pertanian kepada kau­la muda, dengan meng­gandeng akademisi dan praktisi. Bahwa pertanian masih menjadi masa depan kita bersama,” kata Dafra­wira De Hansen didampingi Sekretaris DPC HKTI Pa­dang Zulkifli Nurdin dan Bendahara Indra Nepi.

Dafrawira me­nyebut­kan, HKTI adalah wadah bagi petani yang terbukti mengoptimalkan hasil per­tanian di Indonesia. Kare­na HKTI bertujuan untuk membantu mening­katkan kapasitas, harkat, martabat dan kesejahte­raan insan tani serta pelaku agribisnis dan menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan na­sional.

Salah satu yang akan dilakukan HKTI Padang dalam waktu dekat, sebut Dafrawira, adalah menyo­sialisasikan kembali pena­naman sayur dan buah di pekarangan rumah-rumah warga. HKTI akan mem­bagi-bagikan bibit gratis dan melakukan peman­tauan berkala untuk me­mas­tikan semua tumbu­han tumbuh subur.

“Kami akan coba di be­berapa kompleks peru­mahan terlebih dahulu sebagai percobaan. Kalau sudah sukses, insya Allah akan kita kembangkan le­bih luas dengan meng­gan­deng Pemko Padang atau pihak swasta dan BUMN. Semoga bisa mem­bantu masyarakat mengu­rangi biaya sehari-hari me­reka,” kata Dafrawira yan­g juga Wakil Bendahara DPD Par­tai Gerindra Sum­bar.

Ketua DPD HKTI Sum­bar Feri Arlius, mengata­kan, ke depan pihaknya akan mendorong pengem­ba­ngan sektor pertanian di Sumbar. HKTI siap bersi­nergi dengan pemerintah daerah. “Kita ke depan akan siapkan rapat kerja dengan kabupaten/kota terkait program yang su­dah kita su­sun,” ujar De­kan Fakultas Teknologi Per­­tanian (Fateta) Unand Padang ini.

Sementara itu, Wali Ko­ta Padang yang juga Ketua Dewan Pembina HKTI Kota Padang Hendri Septa me­nyatakan Pemko Padang siap berkolaborasi dengan HKTI untuk kema­juan peta­ni di Kota Padang. Dia juga mendukung Ketua DPC HK­TI Kota Padang Dafra­wira De Hansen untuk me­mastikan program-pro­gram­nya ber­ja­lan lancar.

Ia menyebut luas lahan pertanian di Kota Padang mencapai 5.200 hektare (ha). Dengan lahan yang cukup luas, menurutnya belum tergarap dengan maksimal. Sektor perta­nian masih belum mampu menjadi sek­tor yang meno­pang ekono­mi Kota Pa­dang. “Ini jadi PR bagi kami, dan ke depan diper­lukan sinergi dan kola­bo­rasi untuk memanfaatkan ini demi kesejahteraan pe­tani kita di Padang. Pas­tinya juga dengan HKTI Padang,” ujarnya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top