Close

Dikukuhkan Kembali Jadi Ketum Gebu Minang, OSO Ajak Membangun SDM Para Perantau

PENGUKUHAN—Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang alias OSO (kanan) bersama Mendagri Tito Karnavian seusai acara pengukuhan DPP Gebu Minang Periode 2022-2027 di Hotel Mulia, Jakarta, Minggu (18/9). Foto: Dok. Gebu Minang.

JAKARTA, METRO–Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) terpilih secara aklamasi untuk kedua kalinya sebagai Ketua U­mum Gebu Minang Periode 2022-2027 pada Mu­syawarah Nasional VII Mei 2022 lalu. Selanjuntnya, a­cara pengukuhan DPP Ge­bu Minang periode 2022-2027 berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta Selatan pa­da Minggu (18/9).

Ketua Umum Gebu Minang dua periode ini tidak lupa mengucap syukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT, beserta para jajaran pengurusnya. OSO mengatakan selama menjadi Ketua Umum Gebu Minang periode pertama, pihaknya fokus memba­ngun mekanisme organisasi di tiap provinsi di Indonesia. Selama periode pertama, Ketua DPD RI periode 2014-2019 ini mengatakan kantor Gebu Minang telah bertambah dan tersebar di 22 provinsi di seluruh Indonesia.

 “Bahwa selama kepengurusan saya, (kantor ke­pengurusan) Gebu Minang hanya satu, dan berpusat di Jakarta. Namun di waktu saya (Ketua Umum Gebu Minang) itu tersebar di 22 provinsi,” kata OSO.

Wakil Ketua MPR RI Periode 2014-2019 ini meng­ungkapkan banyak ma­syarakat rantau asal Su­matera Barat (Sumbar) khususnya merasakan kehadiran Gebu Minang selama kepemimpinannya. “Mereka semua, daerah-daerah itu merasakan pen­tingnya Gebu Minang untuk di kembangkan. Dari pendiri pendahulu (Gebu Minang), dari tahun 89 sam­pai sekarang berkembang pesat,” tegas OSO.

Pada periode kedua ini, OSO menekankan DPP ber­sama DPD Gebu Minang akan bekerja ekstra keras untuk menggali informasi guna dapat mengembangkan suatu daerah  “Sa­ya yakin belum terasa sama sekali, karena (selama periode pertama) baru membangun struktur mekanisme di daerah selama saya memimpin, baru dua tahun belakangan ini,” u­cap OSO. “Bisa menggali informasi yang dapat me­ngembangkan daerah. Pa­ling utama, membangun program guna membangun SDM para perantau,” ujar OSO lagi.

Pria kelahiran Desa Sukadana, Kalimantan Ba­rat (Kalbar) ini menuturkan para perantau Minang, Bugis, Kalbar dan seluruhnya harus bisa merasakan kemakmuran dengan ha­dirnya Gebu Minang di tiap daerah di Indonesia. “Saya ini perantau, saya lahir di Kalimantan Barat, Suka­dana. Saya turunan Bugis, ibu saya asal Sumbar, Minang Kabau. Harapan saya menciptakan kemakmuran masyarakat Minang, Kalimantan Barat hingga ma­syarakat keseluruhannya, perlu kita capai bersama,” ujar OSO. “Pesan saya yang terpenting adalah membangun Indonesia le­bih baik lagi. Kita harus terus bersatu, jangan ada perbedaan. Jangan merasa lebih pintar, kita harus kuat dan wajib kita mencintai bangsa Indonesia,” ujar OSO. Hadir dalam acara pengukuhan itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito dalam pidatonya mengaku ka­gum dengan daya juang orang Minang.

“Saya juga kagum de­ngan ekonomi. Masyarakat Minang jago dagang, rumah makan Padang ada di mana-mana, dari NTT sampai Papua. Bukan hanya itu, saya pernah ke luar negeri rumah makan Padang juga ada di sana,” ujar Tito. Tito pun mengajak Gebu Minang untuk terus me­ning­katkan perekonomian bang­sa. Yakni dengan me­ngembangkan bisnis, hingga ke luar negeri. “Gebu Minang ini, selain menjadi motor diaspora di nasio­nal, juga harus membangun jaringan diaspora di luar negeri. Karena banyak yang bisa dikerjakan oleh diaspora di luar negeri,” ujar Tito.(fri/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top