Menu

Dikepung Banjir, 247 Warga Diungsikan, Ratusan Rumah Terendam, Puluhan Pohon Tumbang di kota Padang

  Dibaca : 87 kali
Dikepung Banjir, 247 Warga Diungsikan, Ratusan Rumah Terendam, Puluhan Pohon Tumbang di kota Padang
BERMAIN DI TENGAH BANJIR— Seorang anak terlihat tetap asyik bermain meski rumahnya sudah terendam banjir, Rabu (18/8) malam.

AIAPACAH, METRO–Hujan dengan intensitas tinggi melanda kota Padang sejak Rabu (18/8) sore hingga malam hari. Hal ini menye­babkan sejumlah wilayah di kota Padang terjadi ge­na­ngan air hingga mencapai 150 cm.

Selain genangan air, di beberapa wilayah tercatat ter­jadi fenomena pohon tum­­­bang yang menye­bab­kan terganggunya akses lalu lintas, dan menimpa kabel listrik. 

Badan Penang­gu­la­ngan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang me­nye­butkan, ratusan warga Koto Tangah dan Kuranji dievakuasi bersama tim gabungan setelah banjir melanda daerah tersebut.

“Dari proses evakuasi yang sudah dilakukan dari pukul 20.00 WIB hingga 00.00 WIB, setidaknya ada 247 warga yang dieva­kua­si. Evakuasi dilakukan ter­hadap warga yang ge­na­ngan air cukup tinggi di ru­mahnya yakni kisaran 1-1,5 meter,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Sutan Hen­dra, Kamis (19/8).

Dikatakannya, pelak­sa­naan evakuasi dilakukan di sejumlah titik yang ter­sebar di Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Kuranji, seperti kawasan Anak Air, Simpang Kalum­pang, Parak Jambu, Palarik, Perumahan Berlindo, dan lainnya.

“Evakuasi warga dila­kukan petugas meng­guna­kan perahu karet dimana yang terbanyak adalah kelompok rentan seperti anak-anak, perempuan, dan lanjut usia. Warga yang dievakuasi kemudian diungsikan ke masjid atau­pun mushalla terdekat yang tidak digenangi oleh air,” jelasnya.

Pada bagian lain, untuk proses evakuasi BPBD Pa­dang mengerahkan empat regu beserta tiga unit pe­rahu karet. Selain BPBD Pa­dang, proses evakuasi juga dilaksanakan oleh tim dari Basarnas Padang, PMI, BPBD provinsi, relawan kebencanaan, dan lainnya.

Sementara arus lalu lintas yang digenangi oleh banjir ditangani oleh per­sonel Satlantas Polresta Padang, seperti yang ter­jadi di depan Rumah Sakit Siti Rahmah, By Pass.

Air dengan ketinggian satu meter lebih meng­ge­nangi satu ruas jalan, se­hingga jalur kendaraan yang biasanya satu arah dibuat menjadi dua arah. Genangan air juga tampak menggenangi halaman Ru­mah Sakit Siti Rahmah Padang sehingga meren­dam sejumlah mobil yang sedang terparkir.

Kototangah Terparah

Sementara itu data yang­ diperoleh dari Pus­dal­ops BPBD kota Padang yang dihimpun sejak Rabu (18/8) pukul 19.30 WIB hing­ga Kamis (19/8) pukul 07.30 WIB, setidaknya 4 keca­ma­tan berdampak akibat hu­jan dengan intensitas tinggi tersebut.

Kecamatan Koto Ta­ngah menyumbang lokasi ter­banyak berdampak aki­bat hujan yang terjadi se­ma­lam dengan 14 titik ter­jadi genangan air dan po­hon tumbang.

Diantaranya yaitu, Bati­puh Panjang tepatnya di Gryia Anak Air Permai, terjadi banjir, dimana seki­tar 100 orang warga ter­pak­sa dilakukan evakuasi ka­rena ketinggian air men­capai 1,5 meter masuk ke rumah warga tersebut.

Kawasan Balai Gadang, dekat Rutan Anak Air, ter­jadi genangan air. Kawasan Pasia Nan Tigo dekat TK Bahari, pohon tumbang, Tim Reaksi Cepat (TRC) sudah melakukan pemo­tongan dan pembersihan.

Lubuk Buaya Jalan Bha­yang­kara nomor 40 pohon tumbang. Bungo Pasang Ka­bun (belakang sate Un­cu) banjir. Lubuk Minturun Sungai Lareh, Perumahan Safa Marwah, banjir dan telah dievakuasi sebanyak ± 4 orang. Balai Gadang Perumahan Sparko depan SMAN 13 Padang, Tanjung Aua, banjir dan telah dieva­kua­si sebanyak ± 6 orang. Bati­puh Panjang Dekat kan­tor Lurah lama, banjir dan telah dievakuasi seba­nyak ± 4 orang. Batipuh Panjang Parak Buruk Rt.03/Rw.

Kemudian, Batipuh Pan­jang Perumahan Lem­bah Karet Blok C 42, banjir. Air Pacah Belakang RS Bai­­tu­rahmah (Palarik), ban­jir dan telah dievakuasi se­banyak ± 110 orang. Dadok Tunggul Hitam Pa­rak Jambu Rw.09 dan Rw.10, banjir dan telah di­evakuasi sebanyak ± 15 orang. Lubuk Buaya, belakang Swalayan Citra, banjir dan telah dievakuasi sebanyak ± 3 orang. Lubuk Buaya Perumahan Jihad indah Per­­sada 2 Simpang Kalum­pang.

Di Kecamatan Kuranji dua kawasan berdampak hujan lebat yaitu kawasan Sungai Sapih Perumahan Berlindo Belakang RSUD, banjir dan telah dievakuasi sebanyak ± 5 orang. Serta Gunung Sarik Komplek Vila Bukit Gading Permai.

Selanjutnya di Keca­matan Nanggalo, tepatnya kawasan Tabing Banda Ga­dang terjadi genangan air. Serta di Kecamatan Lubuk Kilangan tepatnya Padang Basi Jalan Bukit Balimbiang Jalur Simpang Patai, pohon tumbang.

Ketinggian air rata-rata 50 sampai dengan 150 cm, dengam jumlah korban yang sudah dievakuasi sebanyak 247 orang. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional