Close

Diikuti 800 Peserta, Padangpanjang Siap jadi Tuan Rumah USR V Unbrah

RAPAT—Sekda memimpin rapat persiapan USR V, Rabu (20/7) di Hall Lantai III Balai Kota.

PADANG PANJANG, METRO–Sekretaris Daerah Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si menyampaikan, Padang Panjang berkomitmen menjadi tuan rumah yang baik dalam gelaran University Social Responsibility (USR) V Universitas Baiturrahmah (Unbrah). Kegiatan ini akan diikuti 800 peserta dari civitas akademika universitas itu.

“Kita berharap setiap rangkaian USR V di Kota Padang Panjang ini, dapat terfasilitasi dengan baik,” sampainya saat memimpin rapat persiapan USR V, Rabu (20/7) di Hall Lantai III Balai Kota.

Sekdako Sonny meminta seluruh OPD dan kelu­rahan melakukan pendampingan disetiap rangkaian kegiatan USR ini.  “Kepada camat dan lurah agar menyosialisasikannya di tengah masyarakat, baik itu kepada pemuda, pengurus masjid, terutama untuk kegiatan yang menghadirkan masyarakat banyak. Insyaa Alllah nanti pada kegiatan gotong royong (goro), kita juga akan libatkan seluruh ASN,” harapnya.

Pihaknya juga berharap, momen USR V yang berlangsung 28-31 Juli ini, dapat dimanfaatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Padang Panjang, dengan tetap memperhatikan ketertiban.

“Bagaimanapun ini merupakan tamu kita. Berikan pelayanan yang maksimal. Kita mengucapkan terima kasih kepada Unbrah yang telah memilih Kota Padang Panjang sebagai lokasi USR V ini,” ujarnya.

Wakil Rektor III Unbrah, Drs. Eka Trio Effandilus, M.Si. berharap, kegiatan yang sudah dirancang dalam USR V dapat berjalan sukses dan lancar sesuai yang diharapkan dari awal kedatangan peserta sampai acara penutupan nanti.

Sementara itu, Ketua USR V Unbrah, dr. Bun Yurizali, Sp.PD menjelaskan, kegiatan USR ini tidak terlepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Prinsipnya pengabdian, mahasiswa ini akan merasakan hidup dan berbaur serta menginap di rumah masyarakat. Jadi apa yang dimakan di rumah masyarakat tersebut, itu yang akan dimakan ma­hasiswa. Jadi tidak perlu diistimewakan,” ucapnya.

­Dijelaskannya, akan ada 22 kegiatan penelitian dan 29 kegiatan pengabdian dalam USR V ini. Selain itu, ada juga pelayanan kesehatan gratis dengan dokter spesialis yang berlokasi di Puskesmas Gunung. “Kita tidak hanya menerima pasien dari Kota Padang Panjang saja, tetapi juga bagi masyarakat Kecamatan Batipuh dan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Kita membawa banyak dokter spesialis,” ungkapnya.

Ditambahkannya, dalam USR V ini juga ada kegiatan goro, Festival Muharam dan olahraga. “Untuk goro, beberapa lokasi di antaranya, di Desa Wisata Kubu Gadang di Kelurahan Ekor Lubuk, Kelok Kabuik (Ganting) Sekretariat Karang Taruna Ngalau dan Bukit Surungan. Untuk kegiatan Festival Muharam terdiri dari berbagai macam lomba seperti Tahfidz, solo song religi, puisi religi, azan, kultum. Selain itu juga akan ada pertandingan sepakbola antara Tim Tangguh Bencana FC melawan Tim Baiturrahmah FC,” jelasnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top