Menu

Dihantui Kecemasan, Warga Takut Pulang, 300 Jiwa Bertahan di Pengungsian

  Dibaca : 207 kali
Dihantui Kecemasan, Warga Takut Pulang, 300 Jiwa Bertahan di Pengungsian
Kunjungi— Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama Wakil Wali Kota Solok Reinier, mengunjungi langsung lokasi pengungsian warga akibat longsor di Kelurahan Tanah Garam Payo, Kota Solok, Jumat (4/9).

SOLOK, METRO
Warga Kelurahan Tanah Garam Payo, Kota Solok, hingga Jumat (4/9), masih dihantui rasa kecemasan. Bahkan mereka lebih memilih tinggal dan bertahan di pengungsian dari pada pulang ke rumah. Apalagi dengan kondisi musim penghujan saat ini membuat warga takut terjadi longsor susulan.

Sejumlah bantuan sudah mulai berdatangan ke lokasi pengungsian warga. Bahkan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, juga datang mengunjungi langsung lokasi pengungsian melihan kondisi warga bersama Wakil Wali Kota Solok Reinier.

Dari data Kalaksa BPBD Kota Solok, Ikhlas, jumlah warga yang mengungsi dan belum berani kembali ke rumahnya, lebih dari 70 Kepala Keluarga (KK) dengan 300 jiwa. Mereka terpaksa mengungsi di gedung SDN 12 Payo, yang dianggap lebih aman.

“Saat ini ada lebih kurang 70 KK dengan lebih kurang 300 jiwa yang terdiri dari balita 15 orang anak 43 orang, lansia 7 orang dan 1 orang ibu hamil. Mereka memilih untuk tetap mengungsi di sekolah yang ada disekitar lokasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nasrul Abit bersama Reinier menyerahkan sejumlah bantuan kepada warga yang mengungsi. Wagub juga mendengarkan langsung pengakuan warga bagaimana kejadian yang membuat mereka harus terpaka mengungsi.

Dari pengakuan warga, ada sejumlah sejumlah titik longsor yang terjadi pada Kamis malam itu, lokasinya berada dekat permukiman warga. Dalam kejadian itu satu unit rumah warga mengalami kerusakan. Dinding rumah mengalami rusak berat di bagian belakang.

Longsor tebing bukit yang berada di belakang rumah korban karena dipicu hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut. Selain merusak rumah warga, ruas jalan juga mengalami terbam di sejumlah titik. Melihat kondisi dan cuaca, warga setempat khawatir akan terjadi longsor susulan.

Reinier juga meminta warga agar tetap waspada karena kondisi cuaca yang masih ekstrim. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional