Menu

Dihantam Banjir, Tebing Batang Lengayang Pessel Rusak

  Dibaca : 275 kali
Dihantam Banjir, Tebing Batang Lengayang Pessel Rusak
TEBING RUSAK— Banjir yang menghantam Batang Lengayang, membuat 50 meter tebing rusak dan mengancam rumah warga sekitar.

PESSEL, METRO–Akibat banjir kiriman dari hulu, Batang Lengayang di Nagari Koto Baru Kambang, Kecamatan Lengayang, Kamis (9/1) malam meluap. Akibatnya tebing sepanjang 50 meter tergerus air sungai. Kondisi sungai mengancam bangunan yang ada di sepanjang sungai, seperti mushalla dan sekolah.

Berdasarkan data yang dihimpun, ada 19 sungai di 15 Kecamatan dan 182 nagari, dan beberapa sungai kondisinya cukup kritis dan rawan banjir di Pessel. Yang cukup parah adalah Batang Lengayang.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Pessel, Doni Gusrizal mengatakan, ada tiga sungai di wilayahnya yang kondisinya kritis rawan banjir, Yaitu, Batang Tarusan, Batang Lengayang dan Batang Tapan. “Kita telah turunkan anggota ke lokasi. Telah dikoordinasikan ke pihak Balai Sungai dan Jembatan,” tegas Doni, Jumat (10/1).

Diterangkan Doni, untuk kali ini dua batang sungai menjadi prioritas pihak Balai Sungai dan Jembatan, Batang Lengayang dan Batang Tapan. Perencanaan sedang disusun, diharapkan di tahun 2021 sudah bisa dikerjakan.

“Khusus di dua lokasi, Lengayang dan Tapan memang kritis kondisinya. Jadi mendapatkan priorotas dari pihak Balai Sungai dan Jembatan. Apalagi di Batang Lengayang, sudah cukup mengancam bangunan yang ada di lokasi tersebut. Diperkirakan akan memerlukan anggaran Rp300 juta,” katanya. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional