Menu

Dihantam Angin Puting Beliung, 33 Pohon Tumbang, Rumah Warga Rusak

  Dibaca : 160 kali
Dihantam Angin Puting Beliung, 33 Pohon Tumbang, Rumah Warga Rusak
POHON TUMBANG— Petugas membersihkan pohon tumbang akibat angin puting beliung, kemarin.

BY PASS, METRO
Hujan disertai angin kencang melanda sebagian wilayah Kota Padang sejak Sabtu (3/4) siang hingga Minggu (4/4) dinihari, membuat puluhan pohon tumbang dan merusak rumah warga, Minggu (4/4). Batang pohon yang tumbang ini mengakibatkan rumah warga di Rawang rusak dan juga menimpa satu init mobil.

“Data sementara, ada sekitar 33 pohon yang tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang puting beliung pada Sabtu (3/4) malam,” sebut Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Barlius, Minggu (4/4).

Pohon tumbang itu menyebar di sejumlah kecamatan di Kota Padang. Yakni, Padang Selatan, Padang Barat, Kuranji dan Lubuk Begalung. Selanjutnya, di Pauh, Lubuk Kilangan, Padang Timur, Padang Utara dan Koto Tangah dua titik.

“Pohon tumbang sebagian besar dilaporkan menghambat akses jalan, menimpa rumah warga, dan satu warung. Selain menghambat akses jalan dan menimpa rumah, pohon tumbang juga menimpa satu unit mobil milik warga di Koto Baru IV, RT02, RW 04, Kecamatan Lubuk Begalung,” ulasnya.

Karena cuaca ekstrem diprediksi berlangsung hingga beberapa hari ke depan, BPBD Padang mengimbau agar warga tetap berhati-hati ketika beraktivitas. Selain itu, BMKG telah mengeluarkan peringatan tentang cuaca ekstrem yaitu hujan lebat disertai angin kencang untuk seminggu ke depan.

“Warga diminta berhati-hati ketika beraktivitas, terutama untuk yang beraktivitas di luar rumah. Kalau tak ada kepentingan mendesak, sebaiknya tak usah bepergian. Pohon tumbang sangat rawan di saat cuaca ekstrem saat ini,” ajak Barlius.

BPBD Padang juga mengimbau agar warga tidak memarkir kendaraan ataupun berteduh di bawah pohon ketika hujan turun disertai angin kencang. “Prediksi cuaca ekstrem ini berupa hujan dan angin kencang akan terjadi hingga beberapa hari ke depan,” sebut Barlius.

Angin kencang terjadi merata seluruh Kota Padang. Angin datang dari satu arah dan menghondoh pohon yang menjulang. Akibat angin kencang ini, pohon-pohon banyak pohon menimpa kabel. Sehingga membuat aliran listrik terputus.

“Lampu kami sempat mati gara-gara angin kencang,” tandas Devi (27), salah seorang warga Kuranji. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional