Close

Dihadiri Dua Kepala Daerah, Nagari Tanjung Gadang Adakan Berkaul Adat

PERTAHANKAN—Nagari Tanjung Gadang masih tetap mempertahankan tradisi dan budaya yang dimiliki, seperti mengadakan acara Berkaul Adat di Balai Sawah Jorong Koto Ranah.

SIJUNJUNG, METRO–Nagari Tanjung Gadang masih tetap mempertahankan tradisi dan budaya yang dimiliki, seperti me­ngadakan acara Berkaul Adat di Balai Sawah Jorong Koto Ranah, Senin (17/10). Tradisi berkaul itu tampak se­marak dan meriah, turut hadir dua kepala daerah yakni Bupati Sijunjung, Benny Dwifa dan Bupati Dhar­mas­raya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Dalam sambutannya, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir be­raharap kepada para ninik mamak dan tokoh masyarakat agar ber­sama-sama untuk menjaga budaya bakaua adat. “Mari kita bersama sama menjaga serta melestarikan budaya yang ada, terutama bakaua adat, khusus bagi generasi muda untuk ikut serta dalam mengem­bangkannya,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, acara ter­sebut juga sebagai media informasi atau sarana penyampaian pesan dari ninik mamak tokoh masyarakat dan pemerintahan nagari. “Bakaua adat ini adalah acara sakral, bumi sa­nang padi manjadi, dalam nagari sauku sakato, terhindar dari ben­cana alam yang menimpa nagari, masyarakat senang sehat sentosa, berkumpul bersama disini dengan berdo’a agar semua itu terwujud,” jelasnya.

Sementara, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan me­ngaku senang dan berterimakasih telah turut diundang dalam acara itu. Sehingga dapat menyaksikan lang­sung tradisi berkaul yang digelar turun temurun oleh masyarakat Tanjung Gadang, sebagai wujud syukur atas berkat dan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala. “Kita sangat mengapresiasi tradisi adat yang terus terpelihara di tengah masya­rakat Nagari Tanjung Gadang. Hal ini tentunya dapat menjadi sarana untuk mempererat rasa keber­samaan dan persaudaraan antar warga di Nagari. Kami mendo’akan, semoga berkah dan rahmat Allah terus tercurah untuk Nagari Tan­jung Gadang khususnya, dan Ka­bupaten Sijunjung umumnya,” tan­das Bu­pati.

Kemudian, Wali Nagari Tanjung Gadang, Prima Randu HS me­ngu­capkan selamat datang kepada Bupati Sijunjung dan Dharmasraya yang telah hadir dalam kegiatan tersebut. “Alhamdulillah, bapak Benny dan bapak Sutan Riska be­serta rombongan telah meluangkan waktunya untuk menghadiri acara bakaua adat di jorong koto ranah,” ucapnya.

Dikatakan Randu, berkaul adat itu salah satu tradisi di Nagari Tanjung Gadang dari nenek moyang dahulu yang berkelanjutan sampai saat sekarang. “Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas tiap tahunnya setiap panen padi yang diperolah, kita mengadakan bakaua adat, “doa dan makan bajamba basamo” ini dalam bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan rezki kepada kita,” pungkasnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top