Close

Digerebek Polisi, Pengedar Buang Sabu ke Kloset di Payakumbuh 

PENGEDAR SABU— Pelaku RF (31) yang merupakan pengedar sabu diamankan di Mapolres Payakumbuh setelah digerebek di kediaman temannya.

PAYAKUMBUH, METRO–Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Payakumbuh menangkap seorang pengedar sabu usai ber­transaksi dengan polisi yang menyamar di rumah teman­nya di Jalan Pa­lembang Kelura­han Parit Ran­tang, Kecamatan Payakumbuh Ba­rat, Kamis (9/6) sekitar pukul 01.00 WIB.

Namun, saat digerebek petugas, pelaku berinisial RF  (31) yang meletakkan satu paket sabu di depan pagar, langsung masuk ke dalam rumah dan beru­saha memebuang barang bukti lainnya. Petugas ke­mudian melakukan penge­jaran ter­hadap tersangka dengan cara memanjat pagar.

Setelah masuk k dalam rumah, petugas langsung membekuk tersangka di tangga rumah menuju lan­tai satu. Petugas berhasil masuk rumah karena pela­ku  tidak sempat menutup pintu. Disaksikan tokoh pemuda, RT dan sejumlah warga, dilakukan pengge­ledahan termasuk me­ngam­bil satu paket sabu yang diletakkan tersangka di depan pagar.

“Kita melakukan pe­nangkapan terhadap seo­rang pengedar narkoba di sebuah rumah di Kelu­rahan Parit Rantang, ia kita bekuk setelah kita pancing untuk melakukan transaksi dengan anggota yang me­nyamar,” sebut Kapolres Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira didampingi Kasat Resnarkoba, AKP. Desneri, Kamis (9/6).

AKP Desneri juga me­nambahkan, dari  penggel­edahan yang dilakukan di da­lam rumah, petugas kem­­bali mengamankan satu paket sabu di dalam kloset kamar mandi yang diduga tidak sempat dibuang oleh pelaku. Tak hanya itu, dari penggeledahan di rumah dua lantai yang dilengkapi CCTV itu kembali ditemu­kan paket sabu, alat hisap, plastik pembungkus dan timbangan digital serta empat orang pria lainnya.

“Di dalam rumah itu, kami juga mengamankan empat orang pria, terma­suk pemilik rumah yang dikenal dengan sebutan Madam. Namun untuk ter­sangka satu orang, se­dang­kan yang empat orang itu kembali dipulang­kan setelah menjalani pe­meriksaa,” tuturnya.

Dijelaskan AKP Des­neri, total barang bukti yang disita dari penang­kapan itu, ada empat paket sabu siap edar. Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

“Kami masih lakukan pengembangan untuk me­ngungkap sumber sabu yang dijual oleh pelaku RF. Untuk perannya, pelaku RF ini diduga kuat sebagai pengedar. Terhadap pela­ku akan kita jerat dengan pasal 112 jo 114 UU nomor 35 tahun 2009 dengan anca­man di atas lima tahun pen­jara,” pungkasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top