Close

Digelapkan Anak Buah, Notaris di Payakumbuh Lapor Polisi

PAYAKUMBUH, METRO–Seorang Notaris di Paya­kumbuh, Sri Rejeki Sukses­susilawati (57) beralamat di Jalan Pacuan Kelurahan Kubu Tapak Rajo Keca­ma­tan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, mela­por­kan anak buahnya beri­nisial RH ke Polres Paya­kumbuh dalam kasus du­gaan Tindak Pidana Peni­puan dan atau Penggelapan yang diduga dilakukan RH yang selama ini bekerja di Pejabat Pembuat Akte No­taris (PPAT) miliknya.

Kepada Polisi di Mapol­res Payakumbuh sesuai Laporan Polisi (LP) Nomor : STTLP/197.a/VI/2021/SPKT/POLRES PAYAKUMBUH/POLDA SUMBAR tertan­ggal 28 Juni 2021, Sri Rezeki menyebutkan bahwa ia te­lah mengalami kerugian  Rp. 250 juta akibat perbua­tan RH.

Dalam Laporan Polisi tersebut, menurut Sri, keja­dian itu ia ketahui pada Jumat 5 Maret 2021 sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu ia (Sri Rejeki Sukses­susila­wati.red) bersama seorang karyawannya bernama Az­mi, melakukan pemerik­saan terhadap berkas-ber­kas penting berupa Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Penghasilan (PPH). Berkas tersebut merupakan berkas yang ditugas­kann­nya kepada terlapor RH untuk dibayarkan pajak­nya ke Kantor Pajak Kota Paya­kumbuh beserta uang bea BPHTB dan PPH.

Namun hal itu (mem­bayar ke Kantor Pajak.red) tidak kunjung dibayarkan/diproses, dan berkasnya tidak ditemukan lagi. Na­mun terlapor RH tidak me­ngakui perbuatannya meng­gelapkan dokumen-doku­men berupa BPHTB dan PPH serta uang pajak ter­sebut.

“Iya, saya melaporkan RH ke Mapolres Payakum­buh beberapa waktu lalu dalam perkara/kasus Tin­dak Pidana Penipuan dan atau Penggelapan. Dimana saya mengalami kerugian sekitar 250 juta,” sebut  Sri kepada wartawan, Senin (19/7).

Di tempat terpisah, Ka­pol­res Payakumbuh, AKBP. Alex Prawira melalui Kasat Reskrim, AKP. Akno Pilindo didampingi Kanit 1, Resum IPDA. Aiga Putra kepada wartawan mengatakan bah­wa dalam perkara itu pihaknya telah menetapkan satu orang tersangka. “ Perkara sudah naik sidik, SPDP sudah dikirim ke Jak­sa. Tersangka 1 orang,” ucapnya melalui WA. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top