Close

Didukung PJJ Radio dan Daring, SMPN 4 Padangpanjang Jalankan PBM Tatap Muka Terbatas

PDG.PANJANG, METRO–SMPN 4 mulai melak­sanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap mu­ka terbatas kapasitas 50 persen sejak izin itu keluar sehari sebelumnya. Me­mak­simalkannya, PBM di­du­kung dengan Pembe­lajaran Jarak Jauh (PJJ) lewat siaran radio milik SMPN tersebut bernama Resfour serta Google Class­room dan Zoom Meeting.

Kepala SMPN 4 Lely Suarni, M.Pd,  mengatakan, PJJ dilakukan untuk me­nyiasati waktu PBM tatap muka yang sudah di pen­dekkan jam pelajarannya dari 45 menit satu jam pelajaran menjadi 30 me­nit, serta jadwal sekolah per shift, sehingga murid ha­nya memiliki tiga hari PBM di sekolah setiap ming­gunya.

”Guru-guru siap mem­bantu yang dirasa pem­belajaran itu kurang di­pahami anak,” katanya.

Terkait pembelajaran lewat radio, murid bisa me­ngontak guru yang se­dang melakukan siaran langsung dengan jadwal pelajaran yang telah dite­tapkan per tingkatan kelas dari jam 13.00 WIB-15.00 WIB.

Dikatakan Lely, siaran radio terhubung dengan livestreaming di Facebook yang bisa diulang kembali oleh murid.

”Guru setiap hari siaran di radio dengan jadwal yang telah ditetapkan. Per minggu, misalnya minggu pertama kelas 7, minggu berikutnya kelas 8 dan 9. Saat kelas tertentu meng­gunakan fasilitas radio, kelas lainnya meman­faat­kan pembelajaran online lewat google class atau zoom meeting,” jelasnya.

Menurutnya, pem­be­lajaran tersebut cukup mem­berikan dampak bagi peningkatan pengetahuan siswa meski tidak seperti saat belajar langsung di sekolah.

Adapun sebelum me­laksanakan pembelajaran terbatas, pihaknya telah melakukan persiapan ter­le­bih dahulu. “Persiapan terhadap prokes. Setiap lokal disediakan tempat cuci tangan dari galon, handwash, tisu, di depan kelas masing-masing. Se­mua wali kelas menyiap­kan sebelum hari H. Pihak sekolah kemudian men­jelaskan tata tertib PBM tatap muka melalui WA Group kepada wali murid,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pem­bagian anak kapasitas 50 persen dibagi menjadi dua shift. “Satu kelas ada 32 murid, menjadi 15 orang satu shift. Gantian hari, sekolah tiga hari dalam seminggu. Mulai jam 7.30 WIB sampai dengan 11.50 WIB,” tuturnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top