Close

Dibuka oleh Wagub Sumbar, TMMD ke-113 di Dharmasraya Fokus Buka Akses Jalan 10 KM

TINJAU—Usai membuka TMMD ke-113 di Dharmasraya, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy didampingi Danrem 032/Wbr, Brigjen Purmanto dan Bupati Dharmasraya, Sutan Rizka Tuanku Kerajaan meninjau lokasi.

DHARMASRAYA, METRO–TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 dibuka secara serentak di seluruh Indonesia pada Rabu (11/5). Khusus di Pro­vinsi Sumatera Barat (Sum­bar), TMMD ke-113 dilaksanakan di Kabupa­ten Pasaman dan Dharmasraya. Pembukaan TM­MD ke-113 di Dharmasraya dilaksanakan oleh Wakil Gubernur Sumbar (Wagub), Audy Joinaldy. Turut hadir dalam pembukaan dan peninjauan la­pangan TMMD, Bupati Dhar­masraya, Sutan Rizka Tuanku Kerajaan.

Pada kesempatan itu, Audy menyampaikan program TMMD merupakan upaya lintas sektoral untuk pemberdayaan masyara­kat desa dan nagari lewat pembangunan maupun rehabilitasi sarana, prasarana, dan fasilitas umum wilayah. Melalui TMMD ini, Audy berharap programnya dapat menyentuh kepentingan masyarakat secara langsung, guna me­ningkatkan taraf hidup yang lebih baik dan mandiri.

Di Kabupaten Dharmasraya, hal tersebut diwujudkan melalui pembangunan fisik berupa pembukaan 10 kilometer badan jalan dengan lebar 11 meter yang menghu­bungkan Nagari Abai Siat dan Bonjol di Kecamatan Koto Besar. Selain itu juga disertai dengan pembangunan dua jembatan se­panjang 18 meter dan juga pemasangan gorong-go­rong sepanjang 12 meter.

Sementara pemba­ngu­nan non fisik dilakukan dengan pembinaan maupun sosialisasi berbagai program dan kebijakan pemerintah. Selain itu, juga terdapat penyerahan bantuan berupa bibit-bibit pohon, ikan, renovasi rumah tak layak huni. Material bangunan dan perlengkapan untuk rumah ibadah berasal dari bantuan Pemprov Sumbar, Baznas, BU­MN dan BUMD yang dise­rahkan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Sum­bar.

Pada kesempatan itu, Audy juga memberikan apresiasi atas utilisasi TNI melalui TMMD yang membantu percepatan pemba­ngunan di daerah dengan biaya yang relatif lebih rendah. “Biaya yang dikeluarkan TMMD relatif lebih rendah, biasanya juga ketika TNI yang turun ma­syarakat aktif membantu,” kata Audy.

Selain TMMD, Audy mengatakan juga ada Kar­ya Bakti TNI yang bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk percepatan pembangu­nan.

Audy juga menghimbau pemerintah kabupa­ten kota untuk meningkatkan kolaborasi dengan TNI dalam rangka pemba­ngu­nan daerah.

“Ke depan mungkin nanti bersama Pak Danrem akan kita sosialisasikan lagi ke pemerintah di tingkat kabupaten kota, untuk meningkatkan kola­borasi dengan TNI baik melalui TMMD maupun Kar­ya Bakti TNI,” harap­nya.

Sementara itu, Danrem 032/Wbr, Brigjen Purmanto menerangkan, tahap pra-TMMD sudah di­mulai sejak 19 Maret hingga 25 April lalu. Sementara pelaksanaan TMMD sendiri dimulai pada 11 Mei sampai dengan tanggal 9 Juni 2022 nanti. “Pada tahap pra TMMD maupun pelaksanaan nanti melibatkan 210 anggota TNI. Selain itu juga ada dari kepolisian, mahasiswa dan komponen masyarakat lainnya. Bersama-sama kita manunggal dalam rangka membangun daerah,” terang Brigjen Purmanto.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan lapangan lokasi pe­laksanaan TMMD. Bupati Dharmasraya, Sutan Rizka Tuanku Kerajaan menga­presiasi program TMMD ke-113 tahun ini.  Menurutnya, program ini sudah dinanti oleh masyarakat Dhar­masraya. “Alhamdulillah dengan adanya TM­MD, membuktikan kolaborasi pemerintah untuk pem­bangunan daerah. Ja­lan yang dibangun ini mem­percepat akses masyara­kat, mobilisasi orang maupun distribusi hasil pertanian dan perkebunan bisa tersalur dengan cepat,” ungkapnya.

Ia juga berharap kedepan akan ada lagi kolaborasi lainnya yang dapat membantu percepatan pem­bangunan di Kabupa­ten Dharmasraya. Dike­tahui juga selain TMMD ke-113 di Kabupaten Dharmasraya dan Pasaman, hingga penghujung tahun 2022 nanti juga akan dilaksanakan TMMD ke-114 di Kabupaten Tanah Datar, serta TMMD ke-115 di Kabupaten Pesisir Selatan dan Padang Pariaman. (fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top