Close

Dibuang ke Jurang, Nakes Tewas Akibat Tindakan Brutal KKB

TRAUMA—Para nakes yang bertugas di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, terluka dan trauma setelah KKB pimpinan Lamek Taplo melakukan terror.

JAKARTA, METRO–Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Mas­yarakat Kementerian Kesehatan Widyawati me­nyampaikan belasungkawa atas meninggalnya tenaga kesehatan di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Widyawati mengaku menyesal dengan peristiwa kekerasan yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) itu.

“Kami sangat menyayangkan peristiwa yang terjadi sehinga Saudari Gabriela Meilan gugur dalam melaksanakan tugas”, kata Widyawati, Kamis (16/9).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Ke­menkes) menerima informasi dari Polda Papua tentang adanya peristiwa kekerasan yang mengan­cam 10 tenaga kesehatan atau nakes. Widyawati mengungkapkan delapan nakes saat ini dipastikan telah mengamankan diri di pos TNI. Dua orang lainnya sempat menjadi tahanan KKB.

Widyawati menyampaikan terima kasih kepada TNI-Polri yang telah menemukan kedua tahanan dan berharap para pelaku bisa ditindak secara tegas.

Dia mengingatkan tenaga Kesehatan merupakan garda terdepan dalam menjamin pelayanan kese­hatan masyarakat, sehingga keselamatan mereka menjadi hal yang utama. “Terlebih lagi Indonesia masih berperang melawan pandemi Covid-19 di mana peran tenaga kesehatan sangat krusial,” tuturnya. Widyawati memastikan Kemenkes akan terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sebelumnya, sejumlah tenaga kesehatan (nakes) terjatuh ke jurang saat berupaya menyelamatkan diri dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang melakukan aksi teror di Kiwirok, Kabupaten Pe­gunungan Bintang, Papua. Nakes atas nama Gabriel Meilan ditemukan sudah meninggal dan jenazahnya akan dievakuasi pada hari ini, Kamis (16/9) .

Aparat keamanan TNI-Polri, Rabu (15/9) malam, mengevakuasi tenaga kesehatan atas nama Kristina Sampe yang ditemukan masih hidup. Baca Juga: Setelah 2 Bulan 14 Hari, Anggota KKB Oniara Wonda Meninggal Dunia Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito kepada Antara, Kamis pagi, mengatakan Kristina mengalami luka di sekujur tubuhnya termasuk luka tusuk. Diakui, dari laporan yang diterimanya nakes atas nama Gabriel Meilan ditemukan sudah meninggal dan jenazahnya akan dievakuasi dari jurang Kamis (16/9) . Saat ini korban Kristina Sampe sudah berada bersama rekan-rekannya yang mengamankan diri di Pos Yonif 403/WP.

“Dari laporan ada empat orang nakes yang terluka baik luka panah maupun ringan karena dianiaya dan mereka nampak masih trauma,” ungkap AKBP Cahyo.

KKB pimpinan Lamek Taplo selain melakukan kontak tembak dengan aparat keamanan Senin (13/9) juga menyerang warga sipil termasuk tenaga kesehatan yang saat insiden sedang melayani masyarakat. KKB juga dilaporkan membakar sejum­lah fasilitas umum seperti puskesmas, gedung SD dan kantor kas Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua serta rumah warga (mcr9/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top