Menu

Dibalik Tangani Convid 19, Atasi Masalah Sosial Masyarakat

  Dibaca : 454 kali
Dibalik Tangani Convid 19, Atasi Masalah Sosial Masyarakat
KETERANGAN—Wali Kota Pariaman Genius Umar saat berikan keterangan tentang Covid 19 di poskonya.

Laporan : Efanurza
Kota Pariaman
Persoalan covid 19 saat ini telah merusak semua persendian ekonomian masyarakat. Masyarakat dengan ada wabah tersebut kesulitan untuk menjalankan roda perekonomian.

Berdasarkan kondisi demikian Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakilnya, Mardison Mahyuddin melakukan langkah cepat dalam antisipasi dampak ekonomi masyarakat dalam daerahnya. Saat ini Pemko Pariaman telah membuka dapur umum di posko percepatan penanganan covid 19 Kota Pariaman, hal ini untuk mensupport para tenaga tim gugus tugas covid 19 Kota Pariaman, yang bekerja setiap hari dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona ini di Kota Pariaman.

Dapur umum ini telah mulai beroperasi hingga kini dan telah mulai memberikan pelayanan untuk mensupport kebutuhan dari tim gugus tugas yang bertugas ke lapangan setiap hari. “Disana pemko sediakan makanan ringan dan fudding, berupa telor, kacang padi, roti dan nasi goreng, serta minuman hangat, seperti kopi, teh dan susu, untuk kebutuhan bagi seluruh personil tim yang ada di posko,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin.

Dapur umum ini hanya buka pagi sampai sore saja, dimana yang membuka, memasak dan melayani adalah dari Tagana dan Relawan yang dimiliki oleh Dinas Sosial.

Katanya, pemko berdayakan dapur umum ini selama covid ini masih ada, dan berharap dengan adanya dapur umum ini, para petugas yang berada di garda terdepan penanganan penyebaran virus corona ini, dapat sedikit terbantu dengan asupan fudding yang kita sediakan.

Kepada petugas dapur umum, untuk dapat memaksimalkan anggota yang ada, karena petugas ini, berasal dari Tagana dan Relawan yang ada di Dinas Sosial Kota Pariaman, yang bekerja dengan ikhlas dan ditengah kesibukan harian mereka. “Semoga apa yang telah dilakukan ini akan mendapat pahala dan balasan setimpal dari yang maha kuasa,” ujarnya.

Kemudian Walikota Pariaman Genius juga telah meminta dukungan bulog Sumatra Barat untuk antispasi beras untuk masyarakat. Kemarin,  Genius Umar secara langsung melakukan pendestribusian beras kepada warga penerima dampak covid-19 dan pemberian sembako kepada lansia miskin dalam daerahnya.

“Kita sekarang teklah mulai membagikan bantuan beras kepada masyarakat miskin. Bantuan beras diberikan kepada masyarakat miskin sebanyak 11.000 Kepala Keluarga (KK) dengan masing-masing KK diberikan 10 kg beras setiap bulan selama 7 bulan kedepan  mulai bulan April sampai Oktober 2020,” ujarnya.

Selain itu katanya, ia juga memberikan bantuan sembako kepada lansia  yang merupakan program dari Dinas Sosial Kota Pariaman, sehingga dengan adanya bantuan ini kita bisa membantu masyarakat miskin yang terdata berdasarkan data yang ada di Dinas Sosial Kota Pariaman.

Genius juga menyampaikan untuk beberapa hari kedepan segera membagikan sekitar 130 ton beras kepada masyarakat miskin serta masyarakat yang terdampak virus covid-19 ini.

“Mulai hari ini juga akan dibagikan ke desa dan nantinya desa yang akan membagikannya kerumah masing-masing. Sehingga mereka tidak berkumpul di Kantor Desa tetapi ada petugas yang mengantarkan ke rumah masing-masing,” ujarnya.

Genius juga menegaskan bahwa bantuan ini diperuntukan bagi warga miskin yang sudah terdata dari Dinas Sosial Kota Pariaman sebagai warga miskin di luar Program Keluarga Harapan (PKH) karena PKH ada juga bantuan khusus untuk itu.

Pendestribusian beras kepada warga penerima dampak covid-19 dan pemberian sembako kepada lansia miskin sekarang ini.”Bantuan beras ini untuk masyarakat miskin dalam daerahnya,” ujarnya.

Sebelumnya, ia telah melaporkan penanganan pencegahan penyebaran virus corona yang telah menjadi pandemic di seluruh dunia ini kepada Gubernur Sumatra Barat.

Bahkan ia telah melakukan video conference dengan Guburnur Sumatra Barat dalam rangka koordinasi Penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid-19). “Pak Gubernur menginstruksikan kepada Bupati dan Walikota untuk membuat posko di perbatasan, saat ini telah kita buat dalam rangka untuk mencegah penyebaran covid 19. Posko dipergunakan untuk cek serta mendata setiap orang yang datang dan menginstruksikan agar setiap daerah pro aktif, saat ini di provinsi telah tersedia alat untuk pengetesan swap dan juga APD agar segera ditindak lanjuti oleh daerah untuk segera mengambilnya di Dinas Kesehatan Provinsi,” tandas Genius Umar.

Kemudian untuk memenuhi kebutuhan dasar dari masyarakat yang saat ini sedang terdampak virus corona (covid-19), pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pariaman, memberikan bantuan beras dan sembako kepada Lansia dan masyarakat yang tidak mampu dan terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kesejahteraan Sosial.

“Ini adalah salah satu langkah atau kebijakan dari pemerintah untuk mengurangi beban dari masyarakat kecil, yang tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka akibat dari dampak covid 19 ini, yang juga melumpuhkan ekonomi mereka,” ujar Afnil Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman.

“Pada umumnya mereka yang menerima bantuan beras dan sembako ini pekerjaannya adalah, pedagang kecil, pekerja serabutan, dan lansia yang tidak mampu dan tidak mempunyai penghasilan. Pembagian bantuan beras dan sembako ini nantinya akan didistribusikan kerumah mereka melalui Desa dan kelurahan masing-masing”, ungkap Afnil.

Afnil juga menjelaskan bantuan yang diberikan berupa beras untuk  masyarakat biasa dan untuk lansia diberi bantuan berupa beras ditambah dengan bahan pokok lainnya seperti telur, minyak dan gula. “Adapun tata cara pendistribusian bantuan ini adalah diambil dari gudang BPBD di Desa Air Santok, kemudian disalurkan ke desa dan kelurahan, lalu dari desa ke masyarakat didistribusikan oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), didampingi oleh tenaga Pol PP, Kasi Kesra Desa, dan bantuan yang di distribusikan ini langsung diberikan ke masyarakat dan tidak dijemput sendiri oleh masyarakat,” tambahnya mengakhiri.(***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional