Menu

Diatur dalam Perwako Padang, Jasa Petugas Penguburan Jenazah Covid Rp250 Ribu

  Dibaca : 102 kali
Diatur dalam Perwako Padang, Jasa Petugas Penguburan Jenazah Covid Rp250 Ribu
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon.

BALAIBARU, METRO–Kepala Dinas Ling­kungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon menga­ta­kan jasa petugas pengu­buran jenazah covid di Kota Padang sudah dite­tapkan oleh Peraturan Wa­likota (Perwako). Satu orang petugas menerima Rp250 ribu per jenazah yang dikuburkan.

“Dulunya satu orang petugas itu menerima Rp500 ribu per jenazah. Tapi karena anggarannya terbatas, dikurangi men­jadi Rp250 ribu,” sebut Mairizon.

Dia menyebutkan, saat ini ada tiga tim pengu­buran Covid-19 di Padang. Dua tim dari DLH dan satu tim dari BPBD. Satu tim ber­jumlah 12 orang. Dari satu tim itu, 4 orang gali kubur dan 8 orang untuk prosesi pengangkutan jenazah dari rumah sakit hingga pengu­buran.

Satu jenazah yang diku­bur­kan, masing-masing pe­tu­gas yang tergabung dalam tim mendapatkan honor Rp250 ribu. Honor ini diajukan sekali dalam tiga bulan ke Dinas Lingkungan Hidup.

Semua jenazah pasien Covid-19 yang ber-KTP Padang digratiskan dana penguburannya karena ditanggung APBD Padang. Namun, bagi jenazah ber-KTP di luar Kota Padang, biaya penguburan ditang­gung keluarga. Kalau ingin berkubur di Padang maka disiapkan pemakaman di Bungus.

“Bagi ber-KTP luar Pa­dang, kalau lokasi makam­nya bisa kita sediakan, tapi untuk biaya ditanggung keluarga. Langsung diba­yar­kan ke petugas yang me­ngu­burkan dan meng­gali kubur,” katanya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional