Menu

Dialog Cagub-Cawagub Forum Editor: Bahas Infrastruktur, Investasi dan Bencana

  Dibaca : 1785 kali
Dialog Cagub-Cawagub Forum Editor: Bahas Infrastruktur, Investasi dan Bencana
M Ali Ramdhani
Forum editor Sumbar poto bersama dengan pasangan cagub Sumbar, dan Komisioner KPU Sumbar

Forum Editor Sumbar berfoto bersama dengan pasangan cagub Sumbar dan Komisioner KPU Sumbar.

PADANG, METRO–Forum Editor Sumbar kembali membedah visi misi calon gubernur Sumbar. Pada dialog yang diselenggarakan di Auditorium Gubernur Sumbar, Rabu (4/11), mempertemukan kedua pasang calon gubernur Sumbar. Baik itu pasangan calon nomor urut 1 Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-FB), maupun itu pasangan nomor urut 2, Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA).

Pada dialog yang dipimpin Khairul Jasmi, ada tiga pokok pembahasan yang menyangkut dengan kemajuan dan kesejahteraan Sumbar ke depan. Di antaranya, terkait dengan infrastruktur, investasi, dan mitigasi bencana.
Hadirnya infrastruktur yang memadai, akan menunjang peningkatan perekonomian masyarakat. Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas pemerintah. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kedua pasangan calon memiliki program terkait pembangunan infrastruktur.

Calon Gubernur Muslim Kasim menyebut fokus melakukan pembangunan infrastruktur di kawasan pedesaan atau pelosok. Karena, Muslim Kasim menilai, pembangunan itu harus dimulai dari desa ke kota. Maka, jalan-jalan yang akan dibangun nanti yakni jalan yang akan menghubungkan atara kecamatan dan nagari di Sumbar.

Calon Gubernur Irwan Prayitno mengakui, salah satu visi dan misinya untuk menciptakan infrastruktur yang akan mendukung perekonomian masyarakat. Namun, infrastruktur yang menjadi prioritas baginya jika terpilih nanti sebagai gubenur yakni pembangunan jalan, jembatan dan irigasi.

Sementara, Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumbar, Asnawi Bahar menilai, saat ini pemerintah Jokowi-JK tengah fokus melakukan pembangunan infrastruktur. Bahkan, pada struktur APBN sangat banyak dianggarkan untuk infrastruktur ini.

”Ini menjadi kesempatan bagi Sumbar. Apalagi, di rancangan APBN 2016 anggaran pembangunan fisik itu sangat banyak. Nah, ini menjadi tugas calon gubernur ini nantinya. Apakah mampu untuk menarik uang pusat ke Sumbar,” jelasnya.

Investasi

Pada pembahasan visi misi calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar, dialog tersebut membahas tentang bagaimana cara para calon untuk meningkatkan investasi di Sumbar serta menarik investor ke Sumbar. Para calon ditantang bagaimana bagaimana strategi mewujudkan ini.

Calon Wakil Gubernur Fauzi Bahar menjawab, dirinya bersama Muslim Kasim akan berani untuk menarik investor ke Sumbar. Jika hal itu tidak dilakukan, maka dia mengaku Sumbar akan sangat jauh mengalami ketertinggalan. Dijelaskannya, investasi yang akan difokuskan tersebut yakni dibidang pariwisata. Lebih rinci lagi, dia fokus kepada wisata yang berbasis keluarga.

Sementara, Calon Wakil Gubernur Nasrul Abit, mengaku selama ini Sumbar tidak begitu diminati oleh investor. Hanya saja, yang penting saat ini adalah mempertahankan investor yang telah ada. Namun, dia mengaku tetap optimistis investor tertarik berinvestasi, mengingat potensi yang melimpah. Dia meyakini, bersama Irwan Prayitno mampu mendatangkan investor untuk membangun Sumbar.

Mitigasi Bencana

Sumbar memang dikenal dengan daerah bencana. Mulai dari bencana yang dibuat oleh manusia, hingga bencana yang terjadi karena kondisi alam. Baik itu bencana gempa, tsunami, gunung meletus, banjir, longsor dan bencana lainnya. Sehingga ini juga menjadi pembahasan dialog, bagaimana cara para calon untuk mengurangi risiko bencana.

Muslim Kasim mengatakan, untuk mitigasi bencana harus dicantumkan dalam RPJMD yang diprioritaskan infrastruktur mitigasi di APBD Sumbar. Di samping infrastruktur, menurutnya masyarakat juga harus paham dalam penyelamatan dan penanggulangan saat bencana datang.

Sementara, Irwan Prayitno menilai Sumbar memang ditakdirkan sebagai daerah yang lengkap bencana. Namun, untuk mengurangi korban bencana, maka bencana itu sendiri harus diminimalisir. Caranya, dengan membuat SOP dalam penanggulangan bencana ini.
Bahasa Ringan
Komisioner KPU Sumbar Mufti Syarfie berpesan kepada para calon gubernur Sumbar untuk menyampaikan visi dan misinya kepada masyarakat dengan bahasa yang ringan. Program tersebut juga mestinya disampaikan yang menyentuh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan terpancing untuk datang ke TPS.

Senada juga disampaikan oleh Ketua KPU Sumbar, Amnasmen. Dia juga menyarankan kepada para calon untuk membuka mata masyarakat dengan menyampaikan visi misi tersebut. ”Ini akan menjadi keyakinan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam memilih,” jelasnya pada saat close statement. (adv)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional