Close

Di Penghujung Jabatan, Riza Falepi Lantik Tiga Kadis

LANTIK—Wali Kota Riza Fapeli saat melantik tiga orang pejabat di lingkungan Pemko Payakumbuh.

POLIKO, METRO–Jelang berakhirnya masa jabatan selaku walikota pada tanggal 22 September 2022 mendatang, Walikota Payakumbuh Ri­za Falepi melantik sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh, termasuk Tiga pejabat pimpinan tinggi pratama hasil seleksi terbuka beberapa waktu lalu. Pelantikan dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Selasa (6/9).

Adapun ketiga pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik adalah Kepala Dinas Penanaman mo­dal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Meizon Satria, Kepala Dinas Ko­perasi dan UMKM M.­Faizal dan Kepala Dinas Sosial Irwan Suwandi. Sementara jabatan Kadis Kesehatan yang juga telah dilelang belum jadi dilantik, karena menunggu persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Dalam sambutan pasca pelantikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengungkap bahwa pe­lantikan Tiga pejabat tinggi pratama tersebut merupakan hasil seleksi terbuka atau lelang jabatan yang dilakukan beberapa waktu lalu. Walikota me­nyatakan proses seleksi dilaksanakan secara objektif dan transparan.

”Proses seleksi sangat transparan, setiap taha­pan seleksi, hasilnya diumumkan ke publik melalui website, hingga keluar hasil tiga besar. Publik bisa melihat sendiri nilai yang diraih peserta. Setelah keluar tiga besar, barulah saya pilih satu orang untuk ditetapkan dan dilantik menjadi kepala dinas,” ujar Walikota Riza.

Dia menyatakan, pihaknya mempunyai se­jumlah pertimbangan da­lam memilih dan menetapkan pejabat yang akan dilantik. Menurutnya, hasil tes akademis assesment, loyalitas, kinerja dan rekam jejak menjadi pertimbangan utama.

”Acuan pertama tentu hasil tes tertulis, ini membuktikan kapasitas seseo­rang. Kemudian loyalitas juga menjadi pertimba­ngan utama. Tidak mungkin pemimpin memilih orang yang tidak loyal dalam bekerja. Selanjutnya tentu kinerja dan rekam jejak selama bekerja,” jelas Walikota Payakumbuh dua periode ini.

Dikatakan, pada awalnya dirinya enggan untuk mengadakan seleksi terbuka untuk mengisi kekosongan jabatan beberapa kepala dinas yang kosong akibat pejabat lama yang sudah pensiun. Akan tetapi karena dorongan se­jumlah pihak, akhirnya seleksi terbuka tetap dilaksanakan.

”Awalnya saya sudah putuskan tak akan buka seleksi terbuka, biarlah itu menjadi pekerjaan Pj. Walikota pengganti saya, cuma karena desakan Bapak Kepala BKPSDM, agar segera mengisi kekoso­ngan jabatan kepala dinas yang cukup banyak akhir­nya saya ikut, dan hari ini akhirnya dilantik,” terang Riza Falepi.

Walikota yang dikenal piawai dalam mencari dana pembangunan ke pusat ini meminta agar kepala dinas terpilih secepatnya beradaptasi de­ngan bidang tugas me­reka.”Jadilah pembelajar cepat. Saya yakin anda yang hari ini dilantik mampu mengemban amanah dengan baik. Atas nama walikota saya ucapkan selamat, semoga sukses,” pungkas Walikota Riza.

Di samping Tiga pejabat tinggi pratama, Walikota jugaelantik. sejumlah pejabat administrator, pejabat pengawas dan juga fungsional disejumlah instansi. Diantaranya Kepala Bagian Kesra Efrizal dan Kepala Bagian PBJ Dalbang Yasril. Turut ha­dir dalam pelantikan ter­sebut, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda, Asisten Administrasi Umum Ifon Satria Chan, Asisten Ekonomi Pembangunan Elzadas­warman, Kepala BKPSDM Erwan dan sejumlah pejabat terkait. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top