Close

Di Painan, Daun Sungkai Laris Manis

PESSEL, METRO–Pemilik pohon daun sungkai dalam masa pandemi Covid -19 mendapat kan berkah, pasalnya sejumlah warga yang mengalami demam mencari daun sung­kai untuk menurunkan demam.

Salah seorang warga, Hidih me­ngatakan sebelum masa pandemi Co­vid -19 daun sungkai yang tumbuh di belakang rumahnya tidak ada warga yang berminat untuk membelinya.

Tapi sejak pandemi Covid -19 kali ini, setiap hari kata Hidih pasti ada warga yang datang ketempatnya untuk mem­beli daun sungkai, “ ujarnya, Minggu (15/8).

Hal sama dikatakan An, warga Painan Timur mengungkapkan jika harga daun sungkai kering siap rebus dijual Rp15.000 sampai Rp25.000. Dengan harga cukup terjangkau selalu membeli untuk ketersedian di rumah.

An menuturkan, mendengar cerita dari warga lain kalau air rebusan daun sungkai bisa menurunkan demam, maka untuk memastikan dan mencoba rasa air rebusan daun sungkai, stok daun sungkai kering siap rebus selalu ada di rumah.

“Gampang – gampang susah men­dapatkan daun sungkai, bisa jadi banyak warga lainya juga membelinya,” tutur An.

Iyan salah seorang penjual daun sungkai kering siap rebus, dalam satu hari 2-6 bungkus platik daun sungkai miliknya bisa terjual. Harganya satu kantong plastik daun sungkai berfariasi, mulai dari Rp15.000 – Rp25.000.

Cerita sama disampaikan Rian, kalau biasanya rebusan daun sungkai dicampur dengan serai dan jahe merah. “ Rebus daun sungkai sekitar 10 lembar, campur serai sebatang, jahe merah sebesar jempol. Rebus pakai air tiga gelas jadikan segelas, minum tiga kali sehari, itu biasa saya,”.Lebih jauh Rian, setelah minum air rebus daun sungkai memang terasa hangat, bahkan keringat mencucur. Untuk jaga – jaga saja, apakah bisa mengobati Covid-19 yang penting kita jaga imun tubuh. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top