Menu

Di Masa Pandemi, Transaksi Online Meningkat di Kota Solok

  Dibaca : 109 kali
Di Masa Pandemi, Transaksi Online Meningkat di Kota Solok
RAPAT KOORDINASI— Wali Kota Solok Zul Elfian mengikuti salah satu rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, beberapa waktu lalu.

SOLOK, METRO–Dengan semakin me­ning­katnya transaksi online di masa pandemi Covid-19, Wakil Wali Kota Solok Ra­madhani Kirana Putra men­dorong keterampilan UMKM untuk konsisten memakai cara digital dalam pema­saran produk.

Sebab beberapa UMKM di Kota Solok, terutama yang berbasis kerajinan dan pangan sudah ada yang melakukan penjualan seca­ra online, dalam menyikapi era digitalisasi. “Ini harus terus kita dorong. Sehingga dalam pemasaran produk tidak terbatas,” ujar Rama­dhani, kemarin.

Bisnis belanja online yang akhir-akhir ini sedang men­jadi trend, apalagi dalam masa pandemi, bisa menjadi salah satu alternatif penjua­lan. Kondisi ini mendorong sedikit banyak para pelaku bisnis harus bisa menye­suaikan diri, agar tidak kalah saing dan tergerus per­kembangan trend pasar de­ngan pemasaran secara online atau e-Commerce

Menurutnya, saat ini bu­kan lagi tentang men­do­rong UMKM untuk meman­faatkan media online dalam pe­masaran. Sebab keba­nya­kan sudah meng­gu­na­kan cara tersebut. Akan tetapi lanjutnya, yang men­jadi perhatian yakni ba­gaimana agar UMKM kon­sisten dan memiliki tero­bosan dalam penggunaan media online.

“Pemerintah sudah men­dorong dinas terkait me­rencanakan untuk 2021 nanti bagaimana UMKM di Kota Solok bisa memiliki SDM yang berdaya saing dalam penggunaan media digital, maka itu perlu pelatihan-pelatihan strategis,” tam­bah Ramadhani.

Capaian itu menun­juk­kan posisi strategis peman­faatan teknologi untuk me­nunjang pemulihan dan per­cepatan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, menu­rutnya kegiatan ekonomi digital memiliki peran yang sangat strategis dalam perwu­ju­dannya.

“Gambaran umum itu, besar pengaruhnya bagi kita di Kota Solok, dan ini peluang untuk lebih mendekatkan diri dengan pemasaran on­line dan finansial teknologi,” kata Ramadhani. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional