Close

Di Masa Pandemi Covid-19, Semangat Pengurus PKK Sangat Membantu Pemerintah di Kota Solok

PEMBUKAAN BIMTEK— Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra membuka Bimtek pengurus PKK.

SOLOK, METRO–Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra menilai, dalam situasi dan kondisi pandemi saat ini semangat dan ketangguhan TP-PKK sangat membantu pemerintah. Karena selalu ikut turut andil dalam penanganan Covid-19 baik sebagai edukator dan motivator sebagai bentuk du­kungan terhadap kebijakan pemerintah.

”Pemerintah memberikan apresiasi terhadap seluruh program serta kegiatan yang telah dan yang dilaksanakan TP PKK. Kami berharap kegiatan-kegiatan tersebut dapat lebih efektif dilaksanakan de­ngan tetap menjalin kerja­sama dengan OPD, ber­bagai organisasi dan lembaga kemasyarakatan,” ujar Ramadhani, kemarin.

Ramadhani membuka, kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota ge­rakan TP PKK Kota Solok, di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Solok. Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ke­tua TP PKK Provinsi Suma­tera Barat, Ny.dr. Fitria Amalia Audy, Sp.KK, M.­Kes,Wakil Ketua TP PKK Kota Solok, Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok, Del­fianto.

Dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Tim Penggerak PKK yang senantiasa bermitra dengan OPD terkait dalam melaksanakan kegiatan yang menyentuh masya­rakat dalam berbagai ke­giatan pembangunan me­lalui 10 Program Pokok PKK, banyak memberi dam­pak dalam meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas ekonomi, pendidikan dan kesehatan keluarga.

Selanjutnya, sebagai mitra kerja pemerintah, peran dan tanggung jawab Tim Penggerak PKK sangat dibutuhkan dalam upaya pembangunan kesejahte­raan masyarakat melalui berbagai terobosan program dan inovatif kegiatan yang sangat menyentuh dari berbagai aspek kehidupan.

Gerakan PKK telah teruji keberadaannya dan memberikan harapan besar bagi Pemerintah untuk bersama-sama mengatasi dan memecahkan ber­ba­gai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khu­sus­nya dalam kehidupan keluarga, masyarakat, sosial, ekonomi dan kesehatan.

Mekanisme kerja Gerakan Tim Penggerak PKK melembaga sampai ke ke­lompok masyarakat, dimana kelompok dasawisma pada lini lapangan sangat memiliki potensi dalam menggerakkan, memberdayakan masyarakat untuk membangun berbagai aspek pembangunan.

”Oleh karena itu, jajaran PKK harus peka terhadap kenyataan/masalah ini, dan berperan serta mengambil langkah melalui pengembangan dan pe­laksanaan kegiatan-kegiatan PKK sesuai dengan 10 Program Pokoknya, yang mampu secara langsung mengatasi masalah keluarga dan masyarakat melalui kelompok PKK RT, RW dan Kelompok Dasawisma,” sebut wawako.

Pemerintah daerah tentu saja selalu mendukung program dan kegiatan-ke­giatan PKK. Karena peran PKK sangat dirasakan se­kali oleh masyarakat, mulai dari Ketua Dasawisma dan Kelompok PKK RT/RW. Untuk kelancaran program PKK, Pemerintah Ko­ta Solok tetap akan menganggarkan dana melalui OPD yang mewadahi PKK.

“Melalui pembinaan/Bimtek ini, tertumpang harapan Kami kepada Bapak/ Ibu Tim Pembina untuk dapat melakukan pembinaan. Semoga materi yang diberikan nantinya dapat meningkatkan wawasan pengurus TP-PKK Kota Solok yang secara berjenjang, melaksanakan program/ kegiatan yang sasarannya masyarakat, terutama masyarakat yang lemah,ekonomi, kesehatan dan pendidikannya dalam mencapai saran dan tujuan penilaian selanjutnya,” ujar wawako. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top