Close

Di Makanan Beku dan Air, Virus Cacar Monyet bisa Hidup Berminggu-minggu

JAKARTA, METRO–Penelitian terbaru mengungkapkan virus monkeypox atau cacar monyet dapat tetap hidup stabil selama berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu pa­da makanan beku dan di dalam air. Di tubuh manusia, masa inkubasi cacar monyet dapat berlangsung 21 hari atau 3 minggu.

Laporan dari Direktorat Sains dan Teknologi Departemen Keamanan Da­lam Negeri AS (DHS) menyatakan stabilitas lingkungan berdampak pada kelangsungan virus cacar monyet. Penelitian ini mengungkapkan berapa lama virus itu dapat bertahan hidup di luar tubuh.

Laporan tersebut meng­gambarkan cacar monyet sebagai virus yang sangat stabil di lingkungan. Ilmuwan mengatakan virus itu dapat hidup bertahan lama.

 “Berhari-hari hingga berminggu-minggu di air, tanah, dan makanan yang didinginkan,” kata laporan tersebut.

Cara Penularan

Virus ini juga dapat menyebar melalui kontak langsung dengan ruam yang ditimbulkannya. Kontak dengan cairan tubuh, kontak dengan sekresi pernapasan dan kontak intim seperti seks, ciuman, pelukan, dan kontak tatap muka yang berkepanjangan me­nurut kata CDC.

Selain itu, ibu hamil dapat menyebarkan virus ke janin. Dan, orang dapat tertular virus dari hewan yang terinfeksi, termasuk dagingnya.

Menurut laporan DHS, angka reproduksi dasar, atau nilai R, untuk cacar monyet diperkirakan ber­kisar antara 0,57 hingga 0,96, meskipun nilai maksimum 1,25 telah diamati. Sebuah virus R-number mengacu pada berapa ba­nyak orang yang akan terinfeksi oleh setiap orang yang terinfeksi.

Namun, nilai R untuk wabah saat ini tidak diketahui. Diperkirakan bahwa tingkat penularan cacar monyet telah meningkat dari waktu ke waktu. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top