Menu

Di Jembatani  LSM LAMI, Petambak Udang Shrimp Club Indonesia (SCI Sumbar) Berikan Zakat untuk Bedah Rumah

  Dibaca : 63 kali
Di Jembatani  LSM LAMI, Petambak Udang Shrimp Club Indonesia (SCI Sumbar) Berikan Zakat untuk Bedah Rumah

KETAPING, METRO–Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar asosiasi tambak udang Sumatera Barat yang lebih dikenal Shrimp Club Indonesia (SCI Sumbar) Sumatera Barat melakukan bedah rumah kepada masyarakat sekitar tambak di kawasan Ketaping, Keca­matan Batang Anai, Ka­bupaten Padangpariaman.

Dengan dijembatani oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lem­baga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) kegiatan bedah rumah selesai di­bangun dan dilakukan laun­ching oleh Wakil Bupati Pa­dangpariaman Rah­mang,­ Senin (31/5) lalu.

Ketua Lembaga Aspi­rasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Risma Haji Gani mengatakan, LSM LAMI Padang Pariaman sudah berdiri lima bulan lalu. “Alhamdulillah telah mela­kukan bedah sebanyak em­­pat rumah bedah ru­mah. Kali ini bedah rumah yang telah selesai ini atas partisipasi pengusaha tam­­bak udang  SCI.  Terima kasih banyak atas bantuan SCI semoga Allah mem­balas kebaikan para pe­ngu­saha tambak,” kata­nya.

Ia menambahkan, mo­hon dukungan Pemkab Pa­dangpariaman dan stakeholder yang terkait bisa memfasilitasi segela aspi­rasi masyarakat. “Kami hanya menjadi jembatan menyampaikan aspirasi ma­syarakat seperti, mela­ku­kan bedah rumah, ban­tuan usaha maupun biaya pengobatan warga yang sakit yang akan difa­silitasi kepad donatur yang ber­se­dia membantu,” kata­nya.

Hal senada dikatakan, Wakil Bupati Padang­pa­riaman Rahmang menga­ta­kan, terima kasih atas ke­pedulian  pengusaha tam­bak udang daerah Keta­ping, Kabupaten  Padang Pariaman yang tergabung dalam SCI.

“Terima kasih kepada pengusaha tambak SCI yang telah membantu war­ga dan telah dibedah ru­mah­nya. Tak lupa kepada LSM LAMI yang juga men­jem­batani sehingga bisa ru­mah warga kami ini dibe­dah dan bisa dimanfaat­kan,” katanya.

Wabup menambahkan,  ini bukti bahwasanya yang lemah menolong yang kuat. “Pengusaha tambak telah berbuat baik. Ke­pada para pengusaha tam­bak semoga diberikan ke­sehatan, mari kita doakan bersama agar  mendapat­kan keuntungan besar. Hal  Ini kerja sama yang baik tanggung jawab bersama ba­hu membahu dalam mem­bantu warga,” ujar­nya yang didampingi Wali Nagari Batang Anai, Kata­piang Alwis Jaya.

Sementara, Ketua Shrimp Club Indonesia (SCI) H. Firdaus yang di­dam­pingi anggota SCI Joni Efendi mengatakan, ban­tuan yang diberikan oleh SCI dari anggota petam­bak. Ini merupakan zakat para petambak udang di Kenagarian Ketapiang.

“Pada sebelumnya, SCI juga berpartisipasi dengan kegiatan lainnya yang ber­sifat kemasyarakatan mas­­jid, sosial dan lainnya,” ka­tanya.

Ia berharap, semoga penerima rumahnya dibe­dah bisa memanfaatkan dan mejaga rumah yang yang telah direnovasi.

Di sisi lain, ia menam­bah­kan multiplier effect tam­bak sangat potensial untuk peningkatan eko­nomi saat ini. “Sejak ada tambak di Ketaping ini, perkembangan di daerah ini sangat luar biasa. Tam­bak membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Di Su­ma­tera Barat tambak udang baru empat tahun berjalan. Kita yang paling terakhir di Sumatera. Se­dang­kan Lampung, Medan dan Aceh lebih dulu dari kita.  Diharapkan Rencana Ta­ta Ruang Wilayah (RTRW) bisa terealisasi di Sum­bar,” pungkasnya. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional