Menu

Di Era Pasar Bebas, UMKM jangan Hanya jadi Penonton di Kota Solok

  Dibaca : 112 kali
Di Era Pasar Bebas, UMKM jangan Hanya jadi Penonton di Kota Solok
BERTEMU DENGAN PLN— Wali Kota Solok Zul Elfian bersama Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra bertemu dengan Manajer PLN Solok di ruang kerjanya.

SOLOK, METRO–Agar usaha ekonomi ma­sya­rakat produktif dapat ber­kembang dan bersaing, pe­laku Usaha Mikro Kecil Me­negah (UMKM) diharapkan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terutama menguasai teknologi infor­matika. Perkembangan tek­nologi sangat besar penga­ruhnya terhadap perkem­bangan usaha masyarakat jika dimanfaatkan.

Wakil Walikota Solok Rah­madhani Kirana Putra me­ngingatkan, pelaku UMKM harus mampu menjadi ekse­kutor peningkatan ekonomi di daerah. Apalagi jangan sam­pai hanya menjadi penonton dalam di era pasar bebas. Perlunya penguasaan tek­nologi bagi pelaku usaha agar usaha ekonomi masyarakat dapat bersaing dipasaran sudah menjadi kebutuhan. Pemko Solok lanjutnya men­dukung pelaku usaha diber­bagai bidang yang mereka geluti. Salah satu bentuk keseriusan dengan mema­jukan Kesejahteraan UMKM dan Koperasi di daerah ini.

”Apalagi cukup banyak asosiasi yang didirikan pelaku usaha. Diharapkan dengan adanya Asosiasi tersebut dapat meningkatkan pertum­buhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mengolah ekonomi potensial menjadi kekuatan ekonomi riil, me­ningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Solok,” ujar Ramadhani.

Semakin banyak pelaku UMKM merupakan salah satu potensi pertumbuhan eko­nomi di Kota Solok. Apalagi kedepannya jika dibangun beberapa mega proyek yang otomatis akan berpengaruh terhadap pertum­buhan eko­nomi masyarakat.

Namun demikian, ia me­ngatakan, salah satu kele­mahan yang masih dialami oleh UMKM dan koperasi dalam mengembangkan usa­hanya adalah lemahnya pang­sa pasar produk. ýKetatnya persaingan pasar dan ba­nyaknya jumlah pelaku UM­KM yang belakangan ini ber­munculan di Indonesia, men­dorong sebagian dari pelaku UMKM mulai memutar otak dan mencari strategi baru untuk memenangkan per­saingan.

”Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan internet menjadi salah satu akses bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Mudahnya sistem pemasa­ran di internet dan luasnya jangkauan pasar online mem­buat para pelaku usaha menj­adikan internet sebagai solusi tepat untuk menunjang perkembangan usahanya,” kata Ramadhani.
Menurut dia, untuk meng­hadapi mekanisme pasar yang makin terbuka dan kom­petitif, penguasaan pasar merupakan prasyaratan un­tuk meningkatkan daya sa­ing. Pemko Solok melalui Dinas Koperindak berupaya untuk memfasilitasi kerja­sama kemitraan antara pela­ku U­MKM dengan pengusaha ting­kat provinsi/nasional. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional