Close

Di Balik Pelantikan Pengurus PKDP  Kampar, Pengusaha Rantau  Sukses Siapkan Investasi

KALENDER WISATA— Wako Genius Umar didampingi Wawako Mardison Mahyuddin serahkan kalender wisata kepada pengurus PKDP Kampar.

Laporan : Efanurza Kota Pariaman

Pasangan Kepala Da­erah Kota Pariaman Walikota Pariaman H Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin bersama sama menghadiri pengukuhan DPD PKDP Ka­bu­paten Kampar, Provinsi Riau, periode 2021 – 2026. Pengurus DPD PKDP Kabupaten Kampar kali ini mengambil tema bersama PKDP tingkatkan rasa badunsanak, tingkatkan ekonomi, serta adat dan budaya menuju masyarakat yang bermarwah, baik di ranah maupun di rantau, dek saiyo mako sakato, bulek samo di pikua, ringan samo dijinjiang, dinan rumik  batenggang”.

Wali Kota Pariaman H Genius Umar mengatakan  dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, agar para perantau Piaman yang ada di Kampar ini, dapat membantu dan mensukseskan agenda program yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kampar. “Walaupun kita dari rantau, jauh dari kampung halaman, kalau telah berada negeri orang, kita harus mengikuti perkembangan dan budaya disini, tanpa menghilangkan rasa kekerabatan dan adat serta budaya Piaman,” ungkapnya.

Kepada pengurus DPD PKDP Kabupaten Kampar yang baru dilantik dan diku­kuh­kan oleh DPW PKDP Pro­pinsi Riau, Genius atas nama Pemerintah Kota Pariaman, mengucapkan selamat, mu­dah-mudahan dengan telah dilantiknya DPD PKDP Kampar ini, masyarakat Kota Pariaman yang ada diperantauan, bisa kompak dan selalu ingat juga untuk bersama membangun kampung halaman, serta terus berkunjung sekaligus berwisata ke Kota Pariaman.

“Setiap akhir pekan di Sabtu dan Minggu di Kota Pariaman, selalu di penuhi dengan Bus Pariwisata dan mobil pribadi plat BM dari Provinsi Riau ini, karena itu kita selalu melaunching kalender event pariwisata di Riau, dimana pada malam ini kita lakukan di Bengkinang, Kabupaten Kampar,” ungkapnya.

Genius menuturkan saat ini Kota Pariaman terus mem­bangun sejak Januari 2022 kemeren, walaupun kita berada dalam keterbatasan anggaran, karena Pandemi Covid-19, tetapi Pemerintah Kota Pariaman terus membangun, karena pembangunan yang kita lakukan adalah secara swadaya dan gotong royong dengan non budgeter tanpa mem­bebankan APBD.

“Untuk itu, kami menghimbau kepada para perantau maupun pengurus PKDP, untuk saiyo sakaki, saayun salangkah, sabiduak sadayuang dalam membangun kampung halaman, baik dari Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, apalagi saat ini Kota Pariaman telah menjelma menjadi destinasi wisata bukan hanya di Sumatera Barat saja, tetapi juga di Kawasan Regional Sumatera dan juga Indonesia,” ucapnya.

Dalam pengukuhan DPD kampar kali ini terpilih Rosywan, Putra Asli Desa Bato, Ke­camatan Pariaman Timur, Kota Pariaman.

Adapun Pengurus DPD PKDP Kabupaten Kampar yang dikukuhkan adalah Ketua Roysman, Wakil Ketua, Gustiwan Cornelis, Sekretaris, Dedi Rahmat dan Bendahara, Yusneni serta dilengkapi dengan Ketua-Ketua Bi­dang dan anggota yang dilantik oleh Ketua DPW PKDP Provinsi Riau, Herman Nazar.

Ketua DPD PKDP Kabupaten Kampar, Roysman menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tamu dan undangan serta dukungan dari semua pihak, baik moril maupun materil, sehingga acara pengukuhan pengurus PKDP Kabupaten Kampar, dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kita di PKDP Kampar sedang membangun Mesjid milik PKDP, yang dibangun oleh masyarakat Piaman yang ada di Kampar, untuk itu diharapkan juga partisipasi para undangan yang hadir malam ini, melalui acara bandoncek, dengan semangat untuk menyelesaikan pembangunan mesjid tersebut,” ungkapnya.

Royswan yang berseko­lah di Pariaman dan me­ng­ha­biskan masa kecil di Kota Pa­riaman ini, sangat ingin un­tuk membesarkan daerah ke­lahiranya, di Desa Bato, walaupun saat ini Kota Pariaman telah berangsur menjelma menjadi daerah destinasi wisata di indonesia.

“Dalam waktu dekat, kita akan menyusun program kerja untuk 5 tahun kedepan, serta tetap membangun sinergitas antara orang di kampung dan di perantauan, serta pemerintah yang ada di Kampar ini, sehingga seluruh kinerja dan sinergitas tetap terjalin dengan baik,” ujarnya.

Putra Bato ini juga mengharapkan kepada dunsanak yang ada di rantau yang berhasil dan sukses, untuk mau berinvestasi di kampung halaman di berbagai bidang usaha, sehingga peran perantau banar-benar dirasakan oleh warga di ranah. “Semoga ke­pe­ngurusan DPD-PKPD Kabupaten Kampar yang baru ini, akan semakin maju, dan dira­sakan manfaatnya oleh seluruh anggota, sehingga lebih sejahtera dan tetap selalu kompak dalam membangun da­erah, baik ranah dan rantau,” tambahnya mengakhiri. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top