Menu

Di Balik Pelaksanaan Run 2018 Peserta Datang dari Luar Provinsi Sumbar

  Dibaca : 918 kali
Di Balik Pelaksanaan Run 2018 Peserta Datang dari Luar Provinsi Sumbar
SERAHKAN— Wali Kota Pariaman Genius Umar serahkan hadiah kepada juara I 10K umum putri pada Pariaman Run.

Laporan : Efanurza
Kota Pariaman – Pelaksanaan Pariaman Run 2018 membuat objek wisata Pantai Pariaman semakin ramai dikunjungi para pengunjung. Mereka sejalan melihat pemadangan objek wisata alam Kota Pariaman sekaligus melihat perlombaan Pariaman Run 2018.

Apalagi peserta sebanyak 1.300 orang datang dari berbagai propinsi di Indonesia. Mereka ikut serta pada kegiatan Pariaman Run yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Pariaman Pariaman.

“Seluruh peserta tersebut berasal dari berbagai daerah seperti Provinsi Lampung, Sumatera Utara, Bandung, Jakarta, Bangka Belitung dan provinsi lainnya,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, saat pembukaan, Minggu kemarin.

Kondisi dan kegiatan ini harus terus dipertahankan untuk kemajuan Kota Pariaman, khusus dalam bidang pariwisata alam Pantai Kota Pariaman yang semakin hari semakin mengeliat dan ditambah banyak pengunjung yang datang.

Ditambah lagi penyelenggaraan Pariaman Run katanya, terbagi atas dua kategori yaitu 10 kilometer khusus bagi profesional dan lima kilometer untuk para pelajar.

Khusus kategori Pariaman Run 10 kilometer putra, juara pertama disabet oleh Agus Prayogo atlet asal Jawa Barat dengan catatan waktu 30 menit 19 detik.

Posisi kedua diraih oleh atlet asal Medan Sumatera Utara yaitu Wilman David Pasaribu dengan catatan waktu 30 menit 24 detik yang disusul oleh atlet asal Kabupaten Solok Selatan Khairullah dengan catatan waktu 31 menit 45 detik.

Meskipun tidak ada nama atlet asal Kota Pariaman yang menaiki podium, namun penyelenggaraan Pariaman Run merupakan salah satu upaya mendongkrak semangat olahraga para atlet di daerah itu.

”Memang belum ada nama atlet asal Pariaman yang keluar sebagai juara karena harus bersaing ketat dengan para atlet nasional, namun hal ini tentu menjadi pelajaran bagi semua atlet Pariaman dalam menimba ilmu,” katanya.

Selain itu lanjut dia, khusus Pariaman Run lima kilometer pemerintah daerah memiliki target sebagai ajang pemanasan sebelum penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV di Kabupaten Padangpariaman pada 18 hingga 28 November 2018.

Kemudian katanya, kegiatan tersebut juga salah satu upaya pemerintah daerah dalam pengenalan sektor pariwisata daerah. “Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk terus mendatangkan para wisatawan ke Pariaman, salah satunya melalui sport tourism atau pariwisata olahraga,” kata dia.

Berbagai kegiatan olahraga berbasis pariwisata tersebut diyakini pemerintah daerah cukup mampu mengenalkan potensi yang ada sehingga menarik kunjungan wisatawan domestik bahkan internasional.

Hal itu juga dikarenakan setiap event olahraga pariwisata yang dilaksanakan berlokasi atau melintasi sejumlah titik objek wisata di Pariaman dengan tujuan promosi.

Sebelumnya, lomba dibuka Gubernur Sumatera Barat, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumbar, Adib Alfikri, melepas Lomba Pariaman Run 10K umum dan 5K pelajar, event Sport Tourism yang rutin diadakan oleh Dinas Dikpora Kota Pariaman setiap tahunya.

Peserta Pariaman Run ini diikuti berbagai atlit baik nasional dan regional, tercatat sebanyak 1200 lebih peserta yang mengikuti ajang Pariaman Run tahun 2018 ini.

Walikota Pariaman, Genius Umar yang hadir dan memberi sambutan mengatakan, agar ajang Pariaman Run ini, agar dapat lebih dikembangkan untuk tahun-tahun berikutnya, sehingga semakin banyak atlit yang datang dari penjuru Indonesia.

Tercatat atlet yang ikut serta ada yang berasal dari Bandung, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, NTT, NTB, Makasar, Babel, Jambi dan Atlit se Sumbar serta para pelajar Kota Pariaman. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional