Menu

Di Balik Kedatangan Wakil Presiden ke Pasar Rakyat, Ma’ruf Amin Laksanakan Tiga Kegiatan Bersama Wali Kota

  Dibaca : 58 kali
Di Balik Kedatangan Wakil Presiden ke Pasar Rakyat, Ma’ruf Amin Laksanakan Tiga Kegiatan Bersama Wali Kota
TINJAU PASAR RAKYAT— Wapres meninjau Pasar Rakyat bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
Wali Kota Pariaman H Genius Umar bersama Wakilnya, Mardison Mahyuddin bersama jajarannya rapatkan barisan menyambut kedatangan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam rangka meresmikan Pasar rakyat Kota Pariaman. Semua sisi yang dapat menghalagi proses peresmian pasar tersebut langsung diantisipasi pasangan kepala daerah tersebut. Bahkan semuanya langsung digelar rapat bersama semua pihak oleh Wai Kota Pariaman Genius Umaragar proses peresmian berjalan lancar.

Bahkan Wali Kota Pariaman Genius Umar rapat bersama Gubernur Sumatera Barat diwakili Asisten I Provinsi Sumatera Barat Beni Warlis, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat, Forkopimda Kota Pariaman, Sekretariat Wapres RI, dan seluruh undangan.

Wali Kota Pariaman Genius Umar kemarin mengungkapkan, bahwa dasar kunjungan ini adalah dari surat yang ditulis oleh beliau kepada Presiden RI, kemudian dibalas oleh Mensekneg dengan jawaban bahwa kunjungan akan dilakukan oleh Presiden RI pada tanggal 31 Maret 2021. Kemudian hal tersebut tertunda karena disebabkan oleh kesibukan Presiden RI, dan sekarang sebagai gantinya menerima kunjungan dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

“Ini adalah satu hal yang luar biasa bagi Kota Pariaman, bisa dikunjungi oleh Wakil Presiden untuk meresmikan PRKP yang pembangunannya didanai oleh APBN, kemudian untuk pemindahan pedagang dari pasar penampungan ke pasar baru berjalan dengan lancar berkat bantuan dari unsur Forkopimda, dan alhamdulillah ekonomi pedagang mengalami peningkatan semenjak pindah berjualan di PRKP,” kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Genius Umar juga menjelaskan selain datang untuk meresmikan pasar tersebut, Wapres juga akan memantau pemberian vaksin di Puskesmas Kuraitaji, serta melakukan penanaman pohon pinago di Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Genius Umar meminta kepada Camat Pariaman Selatan dan Camat Pariaman Tengah untuk memasang marawa disepanjang jalan dengan melibatkan desa masing-masing, agar terlihat lebih semarak lagi penyambutannya.

“Saya harapkan dengan adanya kunjungan ini, akan memberikan motivasi yang besar kepada masyarakat Kota Pariaman dan juga pemerintah daerah, untuk membangun daerah ini selanjutnya. Untuk itu saya minta dukungan dari semua pihak demi kelancaran acara ini,” ujarnya.

Walikota Pariaman berharap kegiatan kunjungan Wakil Presiden ini berjalan dengan lancar, dan memberikan kesan yang sangat luar biasa kepada beliau, sehingga nantinya ia berharap akan ada kunjungan berikutnya ke Kota Pariaman.

Sebelumnya kata Genius Umar kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia dalam rangka peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman (PRKP) pada tanggal 6 April 2021 mendatang, Kepala Biro Protokol (Karoprot) Sekretariat Wakil Presiden Sapto Harjono, lakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pemerintah daerah Kota Pariaman secara virtual, mengenai persiapan kunjungan kerja beliau ke Kota Pariaman.

Saat itu katanya, Sapto Harjono sampaikan, untuk semua kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu harus melalui protokol kesehatan (Prokes). Tamu dan undangan yang datang pada acara tersebut dibatasi, media yang datang meliput akan disediakan tempat khusus dan dilakukan penyiaran secara streaming serta juga akan dilakukan penjagaan secara ketat agar tidak terjadi kerumunan yang akan menyebabkan terjadinya peningkatan penyebaran Covid 19 di Kota Pariaman.

Selain persiapan peresmian PRKP tersebut, juga akan diadakan acara penyuntikan vaksin di lokasi acara, dan berkunjung ke Desa Taluak Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, untuk melakukan peninjauan tanaman penghalang abrasi, sekaligus melakukan penanaman pohon pinago.

Jadi untuk seluruh rangkaian acara tersebut, telah dipersiapkan oleh Kepala Biro Protokol (Karoprot) Sekretariat Wakil Presiden Sapto Harjono, begitu juga dengan jalur-jalur khusus yang nantinya akan dilewati oleh Mobil Wakil Presiden tersebut.

Bahkan menjelang kedatangan Wakil Presiden tersebut Genius Umar bersama Mardison Mahyuddin dan Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora langsung cek kesiapan jelang peresmian Pasar Rakyat Pariaman tersebut. “Sema itu kita lakukan agar proses peresmian Pasar Rakyat ini berjalan lancar tanpa ada gangguan. bahkan semua penjagaan dan pengawal Wakil Presiden dari segala sisi juga telah siap siaga. Semoga proses peresmian pasar ini berjalan sukses dan lancar,” ungkap Genius Umar.

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyatakan, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) RI, Tim Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) tlah siap melasanakan tugas mengamankan kedatangan wakil Presiden RI untuk meresmikan Pasar Rakyat.
Sebelumnya, Pampanpres melakukan suvei pada kegiatan yang akan dilakukan RI 2 tersebut. Namun sebelumnya, telah beberapa kali dilaksanakan rapat persiapan oleh Panitia peresmian pasar rakyat Kota Pariaman bersama tim dari istana negara.

Tiga kegiatan yang akan dilakukan RI 2 Ma’ruf Amin di Kota Pariaman. Pertama melihat langsung proses vaksinasi covid-19 bagi lansia dan calon jemaah haji Kota Pariaman yang bertempat di Puskesmas Kuraitaji Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman dilanjutkan peresmian pasar rakyat Kota Pariaman dan terakhir melakukan penanaman pohon pinago di Pantai Kata Kota Pariaman, “ tambahnya.

Seperti yang diketahui, pembangunan Pasar Rakyat Kota Pariaman yang menggunakan APBN telah selesai dilakukan awal Tahun 2021. Peresmian yang direncanakan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akhirnya diwakilkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Hingga saat ini persiapan Kota Pariaman untuk peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman sudah mencapai 80 %. “Ini merupakan kunjungan awal RI 2 ke kota Pariaman. Dengan hadirnya RI 2 ke Kota Pariaman dalam rangka meresmikan pasar rakyat, nantinya akan memberi efek jangka panjang yang lebih baik untuk Kota Pariaman. Kita akan laporkan apa saja pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan Pemko Pariaman sehingga akan kita minta arahan langsung dari RI 2 ini untuk percepatan pembangunan berikutnya, “ terangnya. “Pemko Pariaman dan Masyarakat sangat bersyukur dengan adanya kunjungan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Untuk mensukseskan kegiatan ini, ayo kita jaga keamanan dan kenyaman RI 2 selama di Kota Pariaman, tetap terapkan protokol kesehatan sehingga pembangunan berikutnya untuk Kota Pariaman akan bisa dilakukan lebih cepat,“ tandasnya mengakhiri. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional