Close

Dewan Pers Datangi Markas Jejak Media Group di Kota Pa­dang

VERIFIKASI FAKTUAL Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers mendatangi markas yang merupakan kantor redaksi serta perusahaan Jejak Media Group (JMG)   di Jalan Bengkuang Nomor 16 Ujung Gurun Kota Padang, Kamis (23/9).

UJUNG GURUN, METRO–Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers mendatangi markas yang merupakan kantor Redaksi serta perusahaan Jejak Media Group (JMG) yang terletak di Jalan Bengkuang Nomor 16 Ujung Gurun Kota Pa­dang, Kamis (23/9).

Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers yang da­tang  adalah Asep Setia­wan sebagai  tim ahli Dewan Pers dan  Wartini da­ri  sekretariat  Dewan Pers. Kedatangan Tim DP  di­sambut langsung oleh Pe­mimpin Umum JMG Syamsir Burhan, petinggi dan kru JMG.

 Asep Setiawan selaku Tim Ahli Dewan Pers mengatakan bahwa verifikasi faktual merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan Pers. “Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam mempro­duksi berita,” ujar Asep.

Verifikasi media adalah proses pemeriksaan terhadap perusahaan pers untuk menentukan data dan informasi yang disampaikan benar atau tidak. Sebuah media akan disematkan sebagai media terverifikasi jika sudah terbukti dijalankan sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan pers, tambah Asep.

Pesan Dewan Pers yang disampaikan melalalui Asep Setiawan pada Jejak Media Group yang me­naungi Koran Jejak News dan jejak77.com,  sebagai media yang pertama fungsi memberikan pendidikan karya- karya jurnalistik dan hiburan itu memberikan harapan dan kegembiraan terhadap masyarakat.

“Selain itu, sebagai me­dia yang memiliki ciri khas kontrol sosial,  diharapkan tetap mengikuti kaidah- kaidah jurnalistik dan se­kaligus mengikuti prinsip – prinsip kode etik jurnalistik, tetap propesional dan semangat. Dan yang lebih utama harus tetap me­ngacu pada UU Pers No. 40 tahun 1999 dan Kode Etik Wartwan Indone­sia,” u­jar­nya.

Pemimpin Umum JMG memberikan apresiasi terhadap kinerja Dewan Pers yang melakukan peran aktifnya dalam membina dan mendata media yang ada di Indonesia termasuk J­MG. Kedatangan tim DP memberikan edukasi tata kelola administrasi yang seyogyanya harus dilakukan oleh sebuah media.

 Ismail No­ven­dra, Pe­mimpin Redaksi JMG mengaku terkejut dengan kedatangan Tim Verifikasi Faktual DP. Sebab saat tim DP datang, beliau sedang berada di Jakarta. Kendati demikian, Ismail mengaku salut dengan kredibilitas dan profesionalisme DP dalam membina dan mendata media di Indo­ne­sia. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top